Lebih dari 6.000 Imigran Diselamatkan dari Laut Libya

Arpan Rahman    •    Selasa, 04 Oct 2016 18:37 WIB
imigran gelap
Lebih dari 6.000 Imigran Diselamatkan dari Laut Libya
Seorang anak imigran menanti di kota Garabuli, Libya, usai diselamatkan penjaga pantai usai perahu mereka tenggelam dalam perjalanan menuju Eropa, 3 Oktober 2016. (Foto: AFP/MAHMUD TURKIA)

Metrotvnews.com, Roma: Sekitar 6.055 imigran berhasil diselamatkan dan 22 lainnya ditemukan tewas di jalur laut rawan bahaya menuju Eropa.

"Jumlah ini menjadi salah satu rombongan pengungsi terbanyak yang diselamatkan dalam satu hari," kata para pejabat Italia dan Libya yang dikutip Huffington Post, Selasa (4/10/2016).

Penjaga pantai Italia menyatakan, sedikitnya sembilan imigran telah meninggal dan seorang wanita hamil serta anak-anak telah dibawa dengan helikopter ke rumah sakit di pulau Lampedusa, Italia, yang terletak antara Pulau Sisilia dan pantai Libya.

Sementara para pejabat Libya mengatakan, 11 mayat imigran terdampar di pantai timur ibu kota Tripoli, dan dua lainnya meninggal ketika perahu mereka tenggelam di lepas barat kota Sabratha.

Kapal penjaga pantai Italia menyelamatkan sekitar 725 imigran dalam sebuah perahu karet, yang merupakan satu dari sekitar 20 operasi penyelamatan dalam sehari penuh.

Sekitar 10 kapal penjaga pantai, armada angkatan laut, dan organisasi kemanusiaan terlibat dalam penyelamatan. Sebagian besar operasi terjadi di titik sekitar 48 km lepas pantai Libya.

"Patroli angkatan laut Libya dan penjaga pantai mencegat tiga kapal terpisah yang mengangkut lebih dari 450 migran," sebut para pejabat.

Senin 3 Oktober adalah ulang tahun ketiga peristiwa tenggelamnya perahu imigran di lepas pantai pulau Lampedusa. Sebanyak 386 orang tewas dalam kejadian tersebut.

Menurut Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM), sekitar 132.000 migran tiba di Italia sejak awal tahun ini dan 3.054 telah meninggal dunia.

Sebagian besar mereka berangkat dari Libya, di mana kekacauan politik dan situasi keamanan tidak menentu telah dimanfaatkan para penyelundup manusia.


(WIL)

Dua Orang Masih Ditahan Terkait Teror London

Dua Orang Masih Ditahan Terkait Teror London

13 hours Ago

Polisi telah melakukan total 15 pencarian terkait aksi teror di berbagai alamat di sekitar London.

BERITA LAINNYA