Pangeran William dan Abbas Diskusikan Perdamaian di Tepi Barat

Willy Haryono    •    Kamis, 28 Jun 2018 07:04 WIB
palestinakerajaan inggris
Pangeran William dan Abbas Diskusikan Perdamaian di Tepi Barat
Pangeran William (kiri) berjabat tangan dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas di Tepi Barat, 27 Juni 2018. (Foto: Sky News)

Ramallah: Pangeran William berbicara mengenai harapannya atas "perdamaian berkesinambungan" di Timur Tengah saat bertemu Presiden Palestina Mahmoud Abbas di Tepi Barat, Rabu 27 Juni 2018.

Keduanya berdiskusi satu hari usai Pangeran William diminta Presiden Israel Reuven Rivlin untuk menyampaikan "pesan damai" ke Ramallah dalam upaya menghangatkan kembali hubungan dengan Abbas.

Duke of Cambridge adalah anggota pertama keluarga Kerajaan Inggris yang melakukan kunjungan resmi ke wilayah Palestina.

Abbas mengatakan kepada Pangeran William bahwa dirinya berharap wilayah pendudukan dapat menjadi negara independen sepenuhnya saat anggota Kerajaan Inggris kembali datang ke kawasan.

"Saya berharap ini bukan kunjungan Anda yang terakhir. Semoga saat kunjungan berikutnya, kami sudah merdeka sepenuhnya," tutur Abbas kepada William, seperti dilansir dari Sky News.

"Yang Mulia Pangeran, kunjungan Anda akan memperkuat hubungan antar kedua masyarakat kita," lanjut dia.

Abbas juga menekankan komitmen penuh untuk mencapai perdamaian via solusi dua negara -- skenario dimana Israel dan Palestina hidup berdampingan.

"Sentimen saya juga sama dengan Anda dalam berharap ada perdamaian abadi di kawasan ini," ungkap Pangeran William.

Usai bertemu Abbas, Pangeran William mengunjungi sebuah kamp pengungsi Palestina di Tepi Barat. Ia juga mendatangi sebuah klinik kesehatan yang dijalankan PBB di kamp Jalazone.


(WIL)