Pasarkan Produk, Swalayan Indonesia Dibuka di Qatar

Sonya Michaella    •    Senin, 19 Jun 2017 08:14 WIB
indonesia-qatar
Pasarkan Produk, Swalayan Indonesia Dibuka di Qatar
Supermarket Indonesia resmi beroperasi di Qatar. (Foto: Dok. KBRI Doha)

Metrotvnews.com, Doha: Swalayan Indonesia, KWIQ Supermarket di Qatar kini resmi beroperasi. Terkait dengan krisis Qatar dan negara-negara Teluk, swalayan Indonesia ini hadir untuk memberikan bahan-bahan makanan yang dibutuhkan warga Qatar.

Untuk sementara, swalayan ini akan menargetkan menjadi distributor bagi produk Indonesia karena sudah adanya jaringan usaha.

Berbagai jenis produk yang dijual antara lain, produk makanan dan minuman, produk rumah tangga,  yang didatangkan dari Indonesia dan akan terus ditambah variasi sesuai dengan kebutuhan komunitas Indonesia dan Asia lainnya.

Swalayan juga melayani online shopping melalui website:www.supermarket.kwiqatar.com. Sedangkan untuk pengiriman home delivery dilakukan setiap hari Minggu, Rabu dan Jumat yang dimulai pada pukul 16.00 sore waktu Doha.

"Peresmian swalayan ini sebagai wujud konkret instruksi Wakil Menteri Luar Negeri RI pada rapat koordinasi Kementerian Luar Negeri RI dengan para dubes RI untuk negara Teluk, agar fokus pada hal-hal penting dan berani melakukan terobosan baru," kata Duta Besar RI untuk Qatar, Muhammad Basri Sidehabi.



Menurut keterangan tertulis dari KBRI Doha yang diterima Metrotvnews.com, Senin 19 Juni 2017, swalayan ini diharapkan akan memicu pada diaspora Indonesia untuk melakukan usaha di Qatar sekaligus wadah pengusaha Indonesia yang ingin melakukan ekspansi ke Qatar.

"Pembukaan swalayan ini diharapkan juga dapat meningkatkan ekspor sebagai bagian dari kerja sama ekonomi Indonesia-Qatar sesuai instruksi Presiden Joko Widodo," tuturnya.

Dubes Basri menambahkan, harus selalu ada kerja sama dan sinergi antara Koperasi KWIQ, yang membawahi swalayan ini, dengan para pelaku usaha Indonesia di Qatar.

Pembentukan Supermaket KWIQ juga merupakan tindak lanjut kebijakan pemerintah untuk memperbanyak toko dan restauran di luar negeri.

Sebelum itu, swalayan Source of Fortune, juga dibuka pada akhir tahun 2016, di kota Al Khor, sekitar 80 kilometer dari Doha. Saat ini terdapat dua belas usaha milik pengusaha Indonesia di Qatar, yaitu Madani Mart Trading, Jakarta foodstuff, Tofu Cake & Cake Restaurant, Pearl of Beirut, Minang Restaurant, Central Restaurant, Griya Solo, Sizzlers, Seassons, Qatindo dan Source of Fortune. Sedangkan beberapa usaha lainnya juga dilakukan secara daring.



(WIL)