Garda Revolusi Iran Tangkap Anggota ISIS, Gagalkan Serangan

Arpan Rahman    •    Rabu, 13 Sep 2017 19:23 WIB
isisiran
Garda Revolusi Iran Tangkap Anggota ISIS, Gagalkan Serangan
Pasukan Garda Revolusi Iran berhasil gagalkan aksi teror ISIS (Foto: AFP).

Metrotvnews.com, Tehran: Pengawal Revolusi Iran menangkap seorang anggota Islamic State (ISIS) dan menggagalkan rencananya melakukan serangan bunuh diri. Komandan Garda, Kolonel Amin Yamini, mengatakan hal itu pada Rabu 13 September.
 
Kolonel Yamini, komandan Garda untuk wilayah pinggiran Teheran barat Shahriar, tidak mengatakan kapan penangkapan dilakukan. Namun menjelaskan bahwa serangan tersebut direncanakan pada Libur Syiah 10 hari yang dimulai pekan depan.
 
Anggota ISIS yang ditangkap berasal dari organisasi militan Sunni di Suriah. "Ia sudah berencana mengorganisir sekitar 300 orang untuk melakukan serangan bunuh diri," kata Yamini, menurut Basij Press, situs berita sayap media Garda Teheran, seperti dikutip AFP, Rabu 13 September 2017.
 
Pada 7 Juni, ISIS menyerang parlemen di Teheran dan makam Ayatollah Ruhollah Khomeini, pendiri Republik Islam itu, di selatan ibukota. Serangan menewaskan 18 orang dan melukai lebih dari 40 lainnya.
 
Iran menyalahkan Arab Saudi berada di balik serangan mematikan tersebut. Riyadh membantah terlibat.
 
Garda Revolusi memecut beberapa rudal ke markas ISIS di Suriah pada 18 Juni sebagai tanggapan atas serangan tersebut.
 
Menurut Yamini, Garda melacak anggota ISIS tersebut, yang memiliki telepon seluler dan telepon satelit, dan mengadakan pertemuan dengannya di pinggiran barat Teheran, Andisheh, dengan menyamar sebagai anggota ISIS. Saat orang tersebut muncul, dia ditangkap. Informasi berharga telah dikumpulkan dari ponselnya, kata Yamini, menurut Basij Press.



(FJR)