Komandan Militer Houthi Tewas dalam Bentrokan di Shabwa Yaman

Willy Haryono    •    Kamis, 11 May 2017 23:56 WIB
konflik yaman
Komandan Militer Houthi Tewas dalam Bentrokan di Shabwa Yaman
Popular Resistance berada di Aden, Yaman, 31 Juli 2015. (Foto: REUTERS/Stringer)

Metrotvnews.com, Taez: Salah satu pemimpin pemberontak Houthi, Sharaf Ali Jahm, atau dikenal juga lewat sebutan 'Abu Jihad,' tewas bersama dua rekannya dalam bentrokan sengit dengan Popular Resistance di distrik Usaylan, Shabwa, Yaman, Rabu 10 Mei 2017. 

Menurut sumber Popular Resistance kepada SABA, pihaknya juga menyerang sebuah situs milik pemberontak di barat Hajr Kahlan, dekat Bayhan al Qasab di Yaman bagian timur laut. 

Komandan milisi Salim al-Fishi, dikenal lewat sebutan 'Abu Ali,' juga tewas dalam bentrokan bersama Abu Jihad. Pasukan pro pemerintah Yaman berhasil merebut kembali area Khazan, Masnaa dan Jinan di provinsi Taez. 

Pasukan pro pemerintah telah mengirimkan bantuan militer ke pesisir barat Yaman untuk memperkuat posisi militer Yaman. 

Baik Popular Resistance maupun Pasukan Nasional Yaman saat ini sedang berjuang di pesisir barat Yaman untuk menguasai kamp strategis Khalid bin Walid.

Konflik di Yaman telah meningkat sejak dua tahun terakhir, seiring intervensi Arab Saudi dalam menggempur Houthi. Lebih dari 10 ribu orang tewas dan tiga juta lainnya kehilangan tempat tinggal di Yaman sejak 2015.


(WIL)