Pohon Tumbang di Wahana Rekreasi 18 Orang Tewas

Whisnu Mardiansyah    •    Selasa, 21 Mar 2017 02:21 WIB
pohon tumbang
Pohon Tumbang di Wahana Rekreasi 18 Orang Tewas
Pohon tumbang di Wahana Rekreasi - foto: Al Jazeera.

Metrotvnews.com, Accra: Sebuah pohon besar tumbang di wahana rekreasi air terjun Kota Kintampo, Ghana. Setidaknya 18 orang dinyatakan tewas dalam insiden ini. 

Kepolisian setempat mengatakan pohon jatuh di tengah-tengah kerumunan pengunjung air terjun yang sedang berenang. Lokasi air terjun disesaki pengunjung saat akhir pekan yang didominasi siswa SMA.

Desmond Owusu Boampong, seorang komandan polisi setempat, mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa 20 orang mengalami luka-luka dan saat ini dirawat di rumah sakit. 

"Bagian atas salah satu pohon terbesar yang runtuh menimpa mereka. Pemandangan sangat  mengerikan sebagai daerah itu dikelilingi jeritan dan teriakan minta tolong setelah kami tiba," kata petugas pemadam kebakaran Kwaku Boateng, dikutip dari Reuters, Selasa 21 Maret 2017. 

Petugas pemadam kebakaran setempat mengaku proses evakuasi korban sempat mengalami kesulitan. Petugas dibantu masyarakat setempat mengevakuasi para korban tewas. 

"Kami langsung bertindak, kami menyelam ke dalam air. Kami menggunakan gergaji dan alat pemotong lainnya untuk memotong pohon untuk membebaskan para korban," ujar dia.

Gambar di media lokal menunjukkan cabang pohon mengapung di kolam air terjun. Foto lainnya menunjukkan mayat-mayat korban, beberapa mengenakan pakaian renang.

Menteri Pariwisata Ghana Catherine Afeku, langsung menuju ke lokasi kejadian untuk bertemu keluarga korban, mengatakan penyelidikan akan dilakukan.



(REN)