Hendak Pergi ke Suriah, Pria Australia Ditangkap di Bandara Sydney

Willy Haryono    •    Kamis, 15 Jun 2017 12:21 WIB
isis
Hendak Pergi ke Suriah, Pria Australia Ditangkap di Bandara Sydney
Dua polisi berpakaian biasa menggiring seorang pria yang hendak pergi ke Suriah di Bandara Sydney, Australia, 15 Juni 2017. (Foto: NSW Police)

Metrotvnews.com, Sydney: Seorang pria berusia 22 tahun ditangkap di Bandara Sydney setelah dirinya diduga hendak bertolak ke Suriah. 

Australia menetapkan aturan bahwa semua warganya dilarang pergi ke beberapa bagian di Suriah, termasuk area yang dikuasai kelompok militan Islamic State (ISIS). 

Kepolisian New South Wales melaporkan pria itu ditangkap pada Kamis 15 Juni 2017, sekitar pukul 10.00 waktu setempat. 

Seperti dikutip BBC, otoritas Sydney mengatakan penangkapan merupakan bagian dari investigasi yang sedang berjalan, dan tidak ada ancaman serius terhadap publik. 

Pria yang namanya tidak disebutkan itu pernah berurusan dengan polisi atas beberapa kasus kecil. Ia sudah diawasi selama lima bulan sebelum akhirnya ditangkap. 

Wakil Komisioner Kepolisian NSW Dave Hudson menyebut pria itu kemungkinan didakwa pasal inkursi ke negara asing untuk melancarkan aksi kekerasan. Dakwaan ini dapat berujung hukuman maksimal penjara seumur hidup. 

"Sepertinya dia diradikalisasi di dunia maya," kata Hudson. 

"Kami akan melaporkan bahwa pria 22 tahun ini akan meninggalkan Australia untuk tiba di Suriah dan berperang untuk ISIS," lanjut dia.


(WIL)