Pasukan Suriah Akhiri Pengepungan ISIS di Bandara Deir ez-Zor

Willy Haryono    •    Minggu, 10 Sep 2017 10:02 WIB
isis
Pasukan Suriah Akhiri Pengepungan ISIS di Bandara Deir ez-Zor
Deir ez-Zor dikuasai ISIS sejak 2014. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Deir ez-Zor: Pasukan Suriah berhasil mengakhiri pengepungan yang dilakukan kelompok militan Islamic State (ISIS) terhadap bandara di kota Deir ez-Zor, Sabtu 9 September 2017. 

Para pejuang pro pemerintahan Presiden Bashar al-Assad mencapai bandara di pinggiran kota setelah membebaskan beberapa distrik yang dikuasai ISIS sepanjang pekan ini. 

Bandara Deir ez-Zor berhasil dibebaskan usai "pasukan rezim bergerak dari arah pemakaman dan bergabung dengan prajurit lain di sekitar area tersebut," lapor kantor berita nasional SANA. 

Grup pemantau Syrian Observatory for Human Rights mengonfirmasi pengepungan ISIS di bandara Deir ez-Zor sudah berakhir.

"Dengan bebasnya bandara tersebut, pasukan rezim dapat menghubungkan semua permukiman di bagian barat kota Deir ez-Zor," ujar SOHR. 

Pembebasan bandara terjadi usai pasukan rezim merebut sebuah ladang minyak dari ISIS di provinsi ez-Zor. 

Bantuan kemanusiaan mulai berdatangan ke beberapa distrik di kota Deir ez-Zor, yang berhasil bertahan dari serangan ISIS sejak tiga tahun terakhir. 

ISIS mengepung Deir ez-Zor dan beberapa bagian lainnya di Suriah timur sejak 2014. 

Operasi militer terpisah dari pasukan Kurdi dan milisi Suriah -- dengan didukung kekuatan udara Rusia -- membuat area jajahan ISIS di Suriah berkurang drastis. 

Kelompok milisi SDF yang didukung Amerika Serikat mengumumkan operasi baru di provinsi Deir ez-Zor dari arah utara pada Sabtu. Tujuan dari operasi ini adalah merebut sejumlah wilayah dari ISIS.


(WIL)