Australia Gagalkan Rencana Teroris Meledakkan Sebuah Pesawat

Willy Haryono    •    Minggu, 30 Jul 2017 12:10 WIB
terorisme
Australia Gagalkan Rencana Teroris Meledakkan Sebuah Pesawat
PM Australia Malcolm Turnbull. (Foto: EPA)

Metrotvnews.com, Canberra: Australia mengklaim telah berhasil membongkar "rencana teror" untuk menjatuhkan sebuah pesawat terbang dengan bom rakitan, lewat serangkaian operasi penggerebekan di Sydney. 

"Tadi malam, petugas gabungan melakukan operasi anti-terorisme untuk menggagalkan rencana teroris meledakkan sebuah pesawat terbang," kata Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull, seperti dikutip The New Arab, Minggu 30 Juli 2017. 

Empat tersangka telah ditangkap dalam serangkaian penggerebekan di Sydney pada Sabtu malam. Komisioner Kepolisian Federal Australia Andrew Colvin menyebut keempatnya merancang rencana yang terinspirasi "grup ekstremis."

"Dalam beberapa hari terakhir, penegak hukum telah mendapatkan informasi mengenai adanya sejumlah orang di Sydney yang merencanakan sebuah aksi teroris dengan IED (improvised explosive device/bom rakitan)," sebut PM Turnbull. 

Tidak disebutkan apakah rencana teror ini ditujukan untuk penerbangan domestik atau internasional. Namun otoritas menduga kemungkinan besar IED akan ditaruh di pesawat dengan rute lokal. 

Setelah penggerebekan di Sydney, Australia meningkatkan pengamanan di sejumlah bandara. Para calon penumpang juga diminta datang ke bandara dua jam lebih awal untuk menjalani serangkaian pemeriksaan. 

PM Turnbull menyebut plot teroris dalam menjatuhkan pesawat "masuk dalam kategori rencana matang," bukan sesuatu yang biasa dilakukan pelaku amatir.

Unit anti-terorisme telah melakukan sejumlah penangkapan di Australia dalam beberapa tahun terakhir. Negeri Kanguru mengklaim telah berhasil mencegah 12 rencana teror sejauh ini. 

Pada 2014, dua sandera tewas dalam aksi terorisme di sebuah kafe di Australia. Satu tahun setelahnya, seorang polisi Sydney tewas dibunuh dalam aksi terorisme yang dilakukan seorang remaja tanggung berusia 15 tahun.


(WIL)