Argentina Minta Rusia Tangkap Mantan Menlu Iran

   •    Jumat, 13 Jul 2018 11:57 WIB
argentinairanrusia
Argentina Minta Rusia Tangkap Mantan Menlu Iran
Ilustrasi oleh Medcom

Buenos Aires: Argentina meminta Rusia untuk menangkap mantan Menteri Luar negeri Iran Ali Akbar Velayati. Permintaan diutarakan sehubungan dengan pengeboman di sebuah pusat Yahudi di Buenos Aires pada 1994.
 
"Velayati sedang berada di Rusia sebagai penasihat khusus untuk Presiden Hassan Rouhani dan akan melakukan perjalanan ke Tiongkok pada hari Jumat," pernyataan pihak Kementerian Luar Negeri Argentina, seperti dikutip AFP, Jumat 13 Juli 2018.
 
"Permintaan yang sama juga telah diberitahukan kepada pihak berwenang Tiongkok," imbuh pernyataan itu.
 
Kini pihak Argentina sedang menunggu tanggapan dari Rusia atas permintaan tersebut, karena dibuat dalam kerangka perjanjian ekstradisi antara kedua negara.
 
Velayati merupakan menteri luar negeri pada saat bom menghancurkan kantor Asosiasi Mutual Israel Argentina (AMIA) pada 18 Juli 1994. Insiden ini menyebabkan 85 orang tewas dan 300 orang terluka.
 
Hakim yang bertanggung jawab atas kasus tersebut mengatakan, Velayati dituduh karena melakukan kejahatan pembunuhan yang dua kali lebih buruk, karena telah melakukan kebencian rasial atau agama dan sebuah metode yang cocok untuk menimbulkan bahaya yang luas.
 
Kelompok Syiah Hizbullah Libanon dituduh melakukan pengeboman terhadap pusat Yahudi dan penyerangan terhadap kedutaan Israel di Buenos Aries. Iran dituduh berada di balik insiden tersebut. (Khalisha Firsada)


(FJR)


Wanita Terduga Agen Rusia Ditangkap di AS

Wanita Terduga Agen Rusia Ditangkap di AS

10 minutes Ago

Amerika Serikat kembali diguncang skandal mata-mata. Kejaksaan wilayah Washington DC menahan seorang…

BERITA LAINNYA