Sekjen PBB Harap Palestina dan Israel bisa Hidup Berdampingan

Sonya Michaella    •    Kamis, 30 Nov 2017 18:24 WIB
palestinapalestina israel
Sekjen PBB Harap Palestina dan Israel bisa Hidup Berdampingan
Sekjen PBB Antonio Guterres harap Palestina dan Israel hidup berdampingan (Foto: AFP).

Jakarta: Perwakilan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk Jakarta bersama Kedutaan Besar Palestina untuk Indonesia dan didukung Kementerian Luar Negeri RI, menggelar peringatan Hari Internasional Solidaritas Warga Palestina di Jakarta, hari ini.
 
Pelaksana Tugas Direktur PBB di Jakarta, Eshila Maravanyika mengatakan, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menyampaikan salam kepada Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi yang khusus hadir di acara ini dan membuka pameran foto.
 
"Semua proses perdamaian dan rekonsiliasi Palestina sudah berada di jalan yang benar. Kita harus mendukung agar proses ini berjalan dengan baik dan mencapai tujuan," ucap Maravanyika mengutip pernyataan Guterres, di Hotel Le Meridien, Jakarta, Kamis 30 November 2017.
 
"Sekarang adalah waktunya mengakhiri konflik Palestina ini dan membangun dukungan untuk kemerdekaan Palestina serta hidup berdampingan dengan damai dan aman bersama Israel," ungkap dia.
 
Guterres juga menegaskan bahwa PBB senantiasa bekerja sama dengan banyak pihak termasuk Timur Tengah dan negara-negara kawasan untuk mendukung proses perdamaian Palestina dan Israel.
 
"Menaati semua resolusi PBB, hukum internasional dan perjanjian internasional, inilah yang akan mewujudkan two state solution dan mengakhiri kependudukan ilegal di Palestina," tegasnya lagi.
 
Agustus kemarin, Guterres sempat mengunjungi Palestina dan Israel. Dikatakan Maravanyika, dua negara ini siap dan mau berkomitmen untuk berdamai.
 
"Saya mendukung mereka untuk berkomitmen dan membentuk kondisi yang baik bagi negosiasi damai," tutur Maravanyika, masih mengutip pernyataan Guterres.
 
Menlu Retno juga menyampaikan pidato di mana ia menyebutkan dukungan penuh Indonesia untuk memperjuangkan kemerdekaan Palestina. Setelah itu, ia bersama Duta Besar Palestina untuk Indonesia yang baru, Zuhair Al Shun membuka eksibisi pameran foto PBB tentang Palestina.



(FJR)