Israel Hancurkan Terowongan Penghubung Mesir - Gaza

Nur Azizah    •    Senin, 15 Jan 2018 06:59 WIB
palestina israel
Israel Hancurkan Terowongan Penghubung Mesir - Gaza
Menhan Israel Avigdor Lieberman. Foto: VOA Indonesia

Gaza: Israel mengaku telah menghancurkan terowongan di Kota Rafah, perbatasan Mesir dan Israel. Terowongan itu digali oleh Hamas untuk menghubungkan Gaza dengan Mesir.
 
Israel mulai menghancurkan terowongan tersebut sejak Sabtu, 13 Januari waktu setempat. Israel mengirim sejumlah jet untuk mengebom terowongan tersebut.
 
Pihak dari Israel mengatakan, tindakan itu sebagai ungkapan kekesalan lantaran Mesir menolak memberitahu letak terowongan menuju Gaza. Tindakan ini pun mendapat dukungan dari Menteri Pertahanan Israel, Avigdor Lieberman.
 
Dalam sebuah wawancara dengan televisi swasta, Lieberman mengatakan bahwa semua akan hancur hingga akhir tahun ini.
 
"Pada akhir 2018, kita akan menghapus semua terowongan dan melakukan serangan. Bahkan kita akan melakukan ini lebih awal. Tugas kami adalah menghancurkan mereka semua pada akhir tahun ini," kata Lieberman seperti dilansir dari Reuters, Senin, 15 Januari 2018.

Baca: AS Ancam Hentikan Bantuan, Indonesia Komitmen Bantu Palestina

Ketegangan meningkat sejak Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengumumkan bahwa Yarusalem adalah Ibu Kota Israel. Beberapa waktu lalu, gerilyawan Gaza meluncurkan 18 roket lintas batas atau bom mortar ke Israel.
 
Tidak ada korban jiwa atau luka serius yang menimpa tentara Israel. Sebaliknya, dua orang bersenjata dan 15 warga Palestina tewas akibat tembakan Israel.
 
Terowongan bawah tanah digunakan untuk menyelundupkan segala jenis barang komersial ke Gaza. Terowongan juga kerap digunakan untuk membawa senjata dari Hamas dan kelompok lainnya.
 
Selama perang Gaza terakhir, pada tahun 2014, pejuang Hamas menggunakan lusinan terowongan untuk membutakan pasukan Israel. Dalam dua bulan terakhir, militer Israel mengaku telah menghancurkan tiga terowongan.




(FZN)