Lima Tewas dalam Kecelakaan Rombongan Presiden DR Kongo

Willy Haryono    •    Rabu, 14 Feb 2018 18:46 WIB
kecelakaan busdr kongo
Lima Tewas dalam Kecelakaan Rombongan Presiden DR Kongo
Ilustrasi kecelakaan bus. (Foto: Medcom.id)

Kinshasa: Tiga prajurit dan dua warga sipil tewas serta sebelas lainnya terluka dalam kecelakaan yang melibatkan iring-iringan kendaraan Presiden Republik Demokratik Kongo Joseph Kabila.

Kecelakaan terjadi di sebuah ruas jalan yang terletak 220 kilometer dari ibu kota Kinsasha, Selasa 13 Februari 2018. Ketika itu, Kabila bersama rombongan sedang bertolak pulang ke kompleks kepresidenan. 

"Tadi malam, sebuah kendaraan di iring-iringan presiden ditabrak sebuah truk pengangkut semen di jalan raya Matadi," ujar pejabat kementerian komunikasi Yvon Ramazani kepada AFP, Rabu 14 Februari. 

Ramazani menambahkan tiga anggota Garda Republik dan dua warga sipil di dekat lokasi tewas akibat kecelakaan. Tujuh tentara dan empat warga juga terluka. 

Kabila tetap berada di lokasi kecelakaan hingga petugas darurat datang. Sang presiden mengawasi langsung evakuasi korban oleh sejumlah ambulans.

Ia dijadwalkan bertemu Presiden Kongo dan Angola, Denis Sassou Nguesso dan Joao Lourenco, dalam pertemuan trilateral Rabu ini.

Jalanan di DR Kongo terkenal buruk dan sering menyebabkan kecelakaan fatal. Buruknya kondisi kendaraan umum serta perilaku pengemudi yang ugal-ugalan juga menjadi faktor lain yang memperparah angka kecelakaan.


(WIL)