Capres Zimbabwe Janjikan Mugabe Keamanan Maksimum

Fajar Nugraha    •    Jumat, 24 Nov 2017 16:22 WIB
zimbabwe
Capres Zimbabwe Janjikan Mugabe Keamanan Maksimum
Emmerson Mnangagwa memberikan jaminan keamanan kepada Robert Mugabe (Foto: AFP).

Harare: Emmerson Mnangagwa yang akan dilantik sebagai presiden baru  Zimbabwe, memberikan jaminan keamanan bagi mantan Presiden Robert Mugabe beserta keluarganya.
 
"Mnangagwa (pada Kamis) berbicara kepada presiden yang akan lengser (Robert Mugabe) dan memastikan akan menjamin keamanan diri dan keluarganya," sebut media nasional Zimbabwe, Herald, seperti dikutip AFP, Jumat 24 November 2017.
 
"Selain itu Mnangagwa juga memuji Mugabe mengenai persiapan inagurasi Jumat ini. Namun sepertinya Mugabe tidak akan hadir dalam inagurasi itu," imbuh laporan media itu.
 
 
Mantan Wakil Presiden Emmerson Mnangagwa yang dipecat oleh Mugabe akhir bulan lalu, dijadwalkan untuk diambil sumpahnya pada Jumat 24 November. 
 
Sumber di pemerintahan Zimbabwe mengonfirmasi bahwa Mugabe mengatakan kepada negosiator, dia ingin meninggal di Zimbabwe. Politikus berusia 93 tahun itu juga menegaskan tidak berencana untuk mencari suaka ke luar negeri.
 
Menurut pejabat itu, bagi Mugabe sangat penting untuk mendapatkan jaminan keamanan demi tinggal di negaranya sendiri. Meskipun Mugabe menegaskan akan tetap bepergian ke luar negeri saat dibutuhkan.
 
Presiden yang dilengserkan itu sepertinya sadar bahwa publik bersikap keras terhadap istrinya (Grace), terutama kemarahan di lingkaran dalam terhadap perilaku sang Istri dan pendekatan terhadap Partai Zanu-PF.
 
Mugabe mengundurkan diri dari jabatan presiden pada 21 November lalu. Selama 37 tahun, pria berusia 93 tahun itu berkuasa di Zimbabwe.
 
Meskipun membawa Zimbabwe merdeka dari kolonialisasi Inggris, selama berkuasa Mugabe dianggap banyak melakukan pelanggaran HAM dan pemerintahannya dipenuhi dengan korupsi.



(FJR)