Antusiasme Dubes Belhassen Jelang Bali Democracy Forum Chapter Tunisia

Sonya Michaella    •    Selasa, 21 Mar 2017 09:28 WIB
politik tunisiabdf
Antusiasme Dubes Belhassen Jelang Bali Democracy Forum Chapter Tunisia
Dubes Tunisia untuk Indonesia Mourad Belhassen di kediamannya, kawasan Kuningan, Jakarta, Senin 20 Maret 2017. (Foto: MTVN/Sonya Michaella)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kedutaan Besar Tunisia merayakan Hari Kemerdekaan ke-61 Tunisia. Dalam acara ini, Duta Besar Tunisia untuk Indonesia, Mourad Belhassen mengapresiasi rencana digelarnya Bali Democracy Forum Chapter Tunisia tahun ini.

"Terima kasih untuk Indonesia. Akhirnya, tahun ini akan digelar Bali Democracy Forum Chapter Tunisia. Kami sedang bekerja untuk ini," kata Dubes Belhassen, di kediamannya, kawasan Kuningan, Jakarta, Senin 20 Maret 2017.

"Kami harap, inisiatif yang sangat positif ini bisa menjadi penggerak pembicaraan antara negara-negara anggota tentang perdamaian dan demokrasi," lanjutnya.

Di samping itu, Dubes Belhassen juga mengapresiasi hubungan Tunisia dan Indonesia yang sudah terjalin lama dan berharap kemitraan ini terus berlanjut dan meningkat.

Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukita, yang menghadiri acara ini mengatakan hubungan Tunisia dengan Indonesia, serta perjuangan Tunisia menjadi negara demokrasi bisa menjadi role model negara lain.

"Banyak sektor antara dua negara. Perdagangan, pendidikan, dan lain-lain. Ada juga pertukaran pelajar antar dua negara lewat antar universitas," ujarnya.

Enggar pun mengungkapkan rencananya untuk mengunjungi Tunisia dalam waktu dekat guna membicarakan hubungan perdagangan dua negara.

Dalam acara ini, hadir pula Duta Besar RI untuk Tunisia yang baru, Ikrar Nusa Bakti. Selain itu, sejumlah duta besar negara sahabat pun turut hadir, antara lain Dubes Palestina, Amerika Serikat, Inggris, Argentina, Filipina, Italia, Jerman, Ukraina, Azerbaijan, Armenia, Arab Saudi dan Sudan. Hadir pula mantan Menteri Luar Negeri, Alwi Shihab.

Negara yang terletak di utara Afrika ini merdeka pada tahun 1957 sebagai republik yang didirikan Habib Burquibah. Pada 2011, terjadi Revolusi Tunisia yang berujung penggulingan Presiden Zine El Abidine Ben Ali.




(WIL)