Ribuan Orang Hadiri Pemakaman Relawan Wanita yang Ditembak Israel

Willy Haryono    •    Minggu, 03 Jun 2018 09:47 WIB
palestinapalestina israel
Ribuan Orang Hadiri Pemakaman Relawan Wanita yang Ditembak Israel
Ribuan warga beramai-ramai membawa jenazah Razan al-Najjar, seorang relawan medis wanita yang ditembak mati Israel, 2 Juni 2018. (Foto: AFP/MAHMUD HAMS)

Gaza: Ribuan warga Palestina menghadiri proses pemakaman seorang relawan medis wanita yang ditembak mati prajurit Israel dalam bentrokan di sepanjang pagar perbatasan Gaza, Sabtu 2 Juni 2018.

Razan al-Najjar, 21, adalah seorang relawan dari Kementerian Kesehatan Gaza. Ia ditembak mati di bagian dada saat sedang bertugas di dekat Khan Yunis pada Jumat kemarin.

Seperti dilansir dari AFP, kru medis dan ambulans berkumpul menghadiri pemakaman Najjar. Ayah Najjar memegangi seragam putih anaknya yang berlumuran darah. Sementara ribuan orang lainnya menyerukan aksi balas dendam terhadap Israel.

Sejak unjuk rasa di sepanjang pagar perbatasan Gaza pada 30 Maret, Israel telah menembak mati lebih dari 120 warga Gaza. 

Pengunjuk rasa meminta agar warga Palestina yang melarikan diri atau diusir saat perang 1948 dapat kembali ke tanah mereka, yang kini telah berada di dalam wilayah Israel.

Israel mengaku sedang menyelidiki laporan mengenai kasus tewasnya Najjar. Namun Israel menyebut ada "ribuan orang" berkumpul di lima lokasi dekat perbatasan, "membakar ban dekat pagar dan berusaha merusak infrastruktur keamanan."

Merespons banyaknya korban jiwa dari kubu Gaza di sepanjang pagar perbatasan, Israel mengaku hanya bertindak "sesuai aturan" dalam menghadapi situasi seperti saat ini.

Sementara itu, Amerika Serikat telah menggunakan hak veto terhadap kerangka resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa. Resolusi itu berisi seruan untuk melindungi warga Palestina di sepanjang Gaza.

AS menjatuhkan veto karena menilai PBB hanya menyalahkan Israel dan tidak menyebutkan kelompok Hamas atas kericuhan di Gaza.


(WIL)