Bom Pinggir Jalan Tewaskan Tujuh Orang di Luar Mogadishu

Willy Haryono    •    Minggu, 22 Oct 2017 17:23 WIB
konflik somalia
Bom Pinggir Jalan Tewaskan Tujuh Orang di Luar Mogadishu
Seorang pria berdiri di lokasi serangan teror di Mogadishu, Somalia, 26 Juni 2016. (Foto: AFP/MOHAMED ABDIWAHAB)

Metrotvnews.com, Mogadishu: Sebuah ledakan bom pinggir jalan menewaskan sedikitnya tujuh orang di luar Mogadishu, Somalia, Minggu 22 Oktober 2017. Sebagian besar korban adalah wanita yang berprofesi sebagai petani.

Ledakan terjadi sepekan usai bom truk menewaskan sedikitnya 358 orang di Mogadishu, dengan 56 lainnya masih dinyatakan hilang. Hampir semua korban tewas adalah warga sipil, dan serangan tersebut memicu demonstrasi di ibu kota Somalia.

Seperti dikutip AFP, ledakan terbaru mengenai sebuah minibus di desa Daniga, sekitar 40 kilometer dari Mogadishu.

"Kami mendengar suara kencang hari ini dan kami menuju ke lokasi. Kami melihat minibus yang hancur dan sedikitnya ada tujuh jasad manusia, sebagian besar wanita. Kami tidak dapat mengidentifikasi beberapa korban," ujar seorang petani bernama Nur Abdullahi. 

Lokasi ledakan berada dekat area yang dikuasai al-Shabaab, grup militan terafiliasi al-Qaeda yang ingin menggulingkan pemerintahan Somalia. "Kami ketakutan," tutur Abdullahi.

Seorang perwira militer mengatakan jumlah korban tewas kemungkinan bisa bertambah. "Minibus itu mengangkut lebih dari 10 orang. Kami belum bisa mendapat detail lebih lanjut karena area itu tidak dikuasai pemerintah," ujar Kapten Isa Osman dari militer Somalia.

Somalia dilanda perang sipil sejak 1991, setelah sejumlah kepala suku menggulingkan seorang diktator untuk kemudian saling menyerang.


(WIL)

Myanmar Sepakat Terima 1.500 Rohingya Setiap Pekan

Myanmar Sepakat Terima 1.500 Rohingya Setiap Pekan

20 hours Ago

Myanmar menyanggupi akan menyediakan tempat penampungan sementara bagi Rohingya yang kembali.

BERITA LAINNYA