Empat Orang di Afrika Selatan Tewas Tersambar Petir

Marcheilla Ariesta    •    Selasa, 02 Jan 2018 06:40 WIB
cuaca ekstrem
Empat Orang di Afrika Selatan Tewas Tersambar Petir
Ilustrasi/Medcom.id/Rakhmat Riyandi

Cape Town: Empat orang tewas disambar petir di Afrika Selatan. Pejabat setempat mengatakan empat orang itu tewas dalam insiden berbeda.

Dua orang tewas ketika petir menyambar dua desa di Provinsi Cape Timur. Sementara dua lainnya tewas di Provinsi KwaZulu-Natal.

"Sementara itu, dari Provinsi Cape Timur 16 orang terluka dan di KwaZulu-Natal tiga lainnya juga mengalami luka-luka," kata Kementerian Kesehatan Afrika Selatan, seperti dilansir dari Xinhua, Selasa, 2 Januari 2018.

Mereka yang cedera telah dibawa ke rumah sakit terdekat dan berada dalam kondisi stabil.

Topan kuat telah memorak-perandakan Provinsi Cape Timur dan KwaZulu-Natal, beberapa hari belakangan. Rumah-rumah di provinsi tersebut hancur dan pohon-pohon tumbang.

Tim penanganan bencana telah disiagakan. Pemerintah mengingatkan warganya tidak menggunakan pohon sebagai pelindung.

"Terutama pada pertengahan musim panas, petir sering menyambar pohon-pohon tinggi," sambung Kementerian Kesehatan melalui pernyataan tertulis.

Afrika Selatan memiliki tanah dengan tingkat sambaran petir paling tinggi di dunia. Beberapa tahun belakangan, kematian akibat sambaran petir meningkat di daerah pedesaan.

Hujan badai yang menyulut penyaluran besar listrik sering terjadi di provinsi di bagian utara dan timur Afrika Selatan antara Oktober dan Maret. Sedikitnya 100 orang tewas setiap tahun akibat sambaran petir di Afrika Selatan, demikian data statistik resmi di negeri itu.


(OJE)


62 Militan Al-Shabab Tewas Dihantam Serangan AS

62 Militan Al-Shabab Tewas Dihantam Serangan AS

23 hours Ago

Militer Amerika Serikat (AS) mengatakan telah menewaskan 62 anggota kelompok militan Al-Shabab…

BERITA LAINNYA