Emmerson Mnangagwa Akan Dilantik sebagai Presiden Zimbabwe

Fajar Nugraha    •    Rabu, 22 Nov 2017 07:10 WIB
zimbabwe
Emmerson Mnangagwa Akan Dilantik sebagai Presiden Zimbabwe
Emerson Mnangagwa kini membuka peluang untuk menjadi presiden baru Zimbabwe. (Foto: AFP).

Harare: Robert Mugabe akhirnya memutuskan mundur dari Presiden Zimbabwe. Emerson Mnangagwa kini membuka peluang untuk menjadi presiden baru Zimbabwe.

(Baca: Robert Mugabe Mundur dari Kursi Presiden Zimbabwe).

Mantan Wakil Presiden Zimbabwe itu sebelumnya dipecat oleh Mugabe, setelah berebut kekuasaan dengan istri Mugabe, Grace. Sempat berlindung ke Afrika Selatan, Mnangagwa akhirnya kembali ke Zimbabwe.

Kepastian mengenai status Mnagagwa diucapkan oleh Sekretaris Hukum Partai ZANU-PF Patrick Chinamasa. 

"Emerson Mnangagwa akan disumpah sebagai Presiden Zimbabwa pada Rabu atau Kamis," jelas Chinamasa, seperti dikutip AFP, Rabu 22 November 2017.

Sementara Ketua Partai ZANU-PF Lovemore Matuke menegaskan bahwa pria yang dikenal sebagai tangan kanan Mugabe itu, akan diambil sumpah dalam waktu 48 jam. Mnangagwa akan mengisi posisi Mugabe hingga pemilu yang akan digelar pada September 2018.

Robert Mugabe pada Selasa, 21 November 2017 waktu setempat akhirnya memutuskan mundur dari kursi Presiden Zimbabwe.

Mundurnya Mugabe tak lama setelah parlemen memulai proses pemakzulan yang ditujukan untuk mengakhiri era kekuasaannya selama hampir 40 tahun.

Di usia 93 tahun, Mugabe bersikeras untuk mempertahankan kekuasaannya. Adapun pengunduran Mugabe ini dirayakan dengan meriah di Parlemen Zimbabwe.



 


(FJR)