Gempa Bumi 5,1 SR Guncang Kermanshah Iran

Willy Haryono    •    Minggu, 07 Jan 2018 09:10 WIB
gempa bumi
Gempa Bumi 5,1 SR Guncang Kermanshah Iran
Ilustrasi gempa bumi. (Foto: Medcom.id)

Teheran: Gempa bumi berkekuatan 5,1 Skala Richter (SR) mengguncang provinsi Kermanshah, Iran. Guncangan terjadi di lokasi tewasnya 600 orang akibat gempa pada November tahun lalu.

Menurut laporan kantor berita ISNA, gempa melanda kota Sarpol-e Zahab, sekitar 514 kilometer dari Teheran, Sabtu 6 Januari 2018. 

Kedalaman gempa dilaporkan mencapai delapan km -- relatif dangkal yang biasanya bersifat merusak -- namun tidak ada laporan kerusakan bangunan atau korban jiwa.

"Setelah pemeriksaan menyeluruh dilakukan, tidak ada laporan kerusakan atau korban," kata Gubernur Kermanshah, Houshang Bazvand, kepada saluran televisi nasional.

November lalu, gempa 7,3 SR mengguncang Iran barat, menewaskan lebih dari 600 orang dan melukai 9.000 lainnya. Sarpol-e Zahab juga terkena dampak gempa tersebut.

Guncangan dahsyat itu juga melanda Irak, menewaskan sedikitnya sembilan orang dan melukai 550 lainnya. Semua korban berada di kawasan Kurdistan. 

Lebih dari 400 gempa susulan terjadi setelah itu, membuat sejumlah warga takut pulang ke rumah untuk mengambil barang-barang mereka.

Iran, yang berlokasi di beberapa patahan geologi, rentan dilanda gempa. Rata-rata negara ini dilanda satu gempa per hari. 

Pada 2003, gempa 6,6 SR menghancurkan kota kuno Bam di Iran selatan dan menewaskan 26 ribu orang.


(WIL)

Myanmar Sepakat Terima 1.500 Rohingya Setiap Pekan

Myanmar Sepakat Terima 1.500 Rohingya Setiap Pekan

20 hours Ago

Myanmar menyanggupi akan menyediakan tempat penampungan sementara bagi Rohingya yang kembali.

BERITA LAINNYA