Tabrakan Kereta di Afrika Selatan Tewaskan Tiga Orang

Willy Haryono    •    Rabu, 09 Jan 2019 08:55 WIB
kecelakaan keretaafrika selatan
Tabrakan Kereta di Afrika Selatan Tewaskan Tiga Orang
Ilustrasi kecelakaan kereta api. (Foto: Medcom.id)

Pretoria: Tabrakan dua kereta api di jam berangkat kerja di kota Pretoria, Afrika Selatan, Selasa 8 Januari 2019, menewaskan tiga orang dan melukai ratusan lainnya. Dua korban yang terluka parah diterbangkan dari lokasi di Mountain View ke rumah sakit terdekat.

Total 641 orang terluka dalam kecelakaan, dengan 11 luka parah dan 62 level "menengah" hingga ringan.

"Jumlah korban tewas sejauh ini tiga orang, tapi masih bisa terus bertambah," kata juru bicara otoritas urusan darurat Pretoria, Charls Mabaso, kepada kantor berita AFP.

Saat tim medis tiba di lokasi, beberapa gerbong dari kedua kereta terguling dan keluar dari rel. "Sejumlah penumpang ditemukan di dalam kereta, dan ada juga yang sudah berjalan di sekitar lokasi," kata Russel Meiring, jubir unit gawat darurat ER24.

Hingga saat ini penyebab pasti kecelakaan belum diketahui.

Kecelakaan kereta api merupakan hal biasa di Afsel. Setahun lalu, sebuah kereta api yang melaju dari kota Port Elizabeth menuju Johannesburg menabrak sebuah truk di perlintasan dekat Kroonstad. 

Tragedi tersebut menewaskan 19 orang dan melukai 254 lainya. Data Regulator Keamanan Kereta Api Afsel mencatat 495 orang tewas dalam berbagai kecelakaan kereta api dalam periode 2016-2017. Angka tersebut naik delapan persen dari periode sebelumnya.


(WIL)