Sejumlah Siswi yang Ditahan Boko Haram Menolak Diselamatkan

Willy Haryono    •    Sabtu, 13 May 2017 10:48 WIB
boko haram
Sejumlah Siswi yang Ditahan Boko Haram Menolak Diselamatkan
Beberapa remaja putri yang telah dibebaskan Boko Haram di Abuja, 8 Mei 2017. (Foto: AFP/STEFAN HEUNIS)

Metrotvnews.com, Abuja: Grup ekstremis Boko Haram merilis sebuah video terbaru, memperlihatkan sejumlah remaja putri tahanan mereka yang menolak diselamatkan di bawah perjanjian dengan pemerintah Nigeria.

Dalam video berdurasi tiga menit, seorang perempuan yang mengklaim bernama Maida Yakubu -- salah satu gadis asal Chibok -- mengenakan pakaian tertutup serba hitam sembari memegang senjata api.

Dikelilingi tiga wanita lainnya dalam pakaian serupa, dia menyatakan kesetiaannya kepada Boko Haram, kelompok yang telah menewaskan lebih dari 20 ribu orang sejak memberontak pada 2009. 

Pekan lalu, 82 remaja putri asal Chibok yang diculik Boko Haram tiga tahun lalu telah dibebaskan. Mereka semua dibebaskan lewat program pertukaran tahanan dengan pemerintah Nigeria. 

Juru bicara presiden Nigeria Garba Shehu mengonfirmasi ada satu remaja putri yang menolak diselamatkan karena sudah menikah dengan militan Boko Haram. 

Seperti dikutip AFP, Jumat 12 Mei 2017, sejumlah analis memprediksi sejumlah remaja putri yang diculik menaruh simpati kepada Boko Haram seiring berjalannya waktu. 

Boko Haram menculik 276 remaja putri dari Chibok pada 2014, sebuah kasus yang menyorot perhatian global. Sebanyak 57 tahanan melarikan diri tak lama setelah itu. 

Dari 219 yang tidak melarikan diri, 106 telah dibebaskan atau ditemukan, sementara 113 sisanya masih dinyatakan hilang.



(WIL)