87 Ribu Etnis Rohingya Mengungsi ke Bangladesh

LB Ciputri Hutabarat    •    Senin, 04 Sep 2017 21:27 WIB
rohingya
87 Ribu Etnis Rohingya Mengungsi ke Bangladesh
Etnis Rohingya. Foto: AFP

Metrotvnews.com, Jakarta: Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) merilis sedikitnya 85 ribu etnis Rohingya mengungsi ke Bangladesh sejak pergolakan diMyanmar. Angka ini masih terjadi di tengah kritik internasional ke Penasehat Negara Myanmar Aung San Suu Kyi.

Dilansir dari AFP, ribuan minoritas Muslim tanpa kewarganegaraan telah meninggalkan Myanmar, negara yang mayoritas beragama Buddha. Kondisi pengungsian di Bangladesh terus bertambah dan menimbulkan kekhawatiran akan krisis kemanusiaan.

Terlebih, kondisi perempuan dan anak-anak yang masih banyak butuh bantuan. Ditambahkan laporan lainnya, sekitar 20.000 pengungsi tengah lainnya berkumpul di perbatasan untuk menunggu masuk.

Atas kejadian ini, kota Dhaka meningkatkan kontrol perbatasan setelah kekerasan terjadi di Rakhine, baru-baru ini. Seorang penjaga perbatasan mengatakan kepada AFP, sudah banyak pengungsi yang putus asa masuk ke Bangladesh.

"Jumlah ini lebih banyak ketimbang yang sebelumnya," kata penjaga yang meminta tidak disebutkan namanya, seperti dilansir dari AFP, Senin, 4 September 2017.

"Jika terus berlanjut, kita akan menghadapi masalah serius, tapi tidak mungkin menghentikan arusnya. Orang-orang ini ada dimana-mana." lanjut dia.

Banyak pendatang baru kekurangan tempat berlindung. seorang wartawan AFP mengatakan, ratusan tempat penampungan darurat telah bermunculan di pinggiran kamp-kamp yang ada dalam beberapa hari ini.




(AZF)