Presiden Palestina Minta Muslim kembali Salat di Masjid Al-Aqsa

Arpan Rahman    •    Kamis, 27 Jul 2017 18:19 WIB
palestina israel
Presiden Palestina Minta Muslim kembali Salat di Masjid Al-Aqsa
Presiden Palestina Mahmoud Abbas. (Foto: EPA)

Metrotvnews.com, Yerusalem: Presiden Palestina Mahmoud Abbas mendukung seruan agar Muslim kembali beribadah di Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Timur, Kamis 27 Juli 2017.  

Dukungan disuarakan menyusul langkah pemerintah Israel yang menyingkirkan serangkat alat keamanan seperti detektor metal dan pagar besi dari pintu masuk Kompleks Masjid Al-Aqsa.

"Doa akan terkabul, Insyaallah, di dalam Masjid Al-Aqsa," Abbas mengatakan dalam sebuah konferensi pers, seperti dilansir France24, Kamis 27 Juli 2017. 

Sesaat sebelumnya, otoritas Muslim mengumumkan akhir pemboikotan selama hampir dua pekan terkait penyingkiran detektor logam, kamera pengawas CCTV, dan pagar pembatas milik Israel di sekitar Kompleks Masjid Al-Aqsa. Semua instalasi itu dipasang setelah serangan 14 Juli yang menewaskan dua polisi Israel.

Pagar terakhir dan perancah kamera yang dipasang sebelumnya sudah dilepas pada Kamis pagi.

Jajaran pemimpin Palestina menangguhkan koordinasi keamanan dengan Israel mengenai situasi terbaru terkait Kompleks Masjid Al-Aqsa. Abbas mengatakan pihaknya belum mengambil keputusan.

"Untuk saat ini kita hanya akan berbicara tentang salat subuh di masjid Al-Aqsa, dan kemudian mengadakan pertemuan untuk memutuskan atau mempelajari sisa langkah apa yang akan diambil selanjutnya," pungkas Abbas.

 


(WIL)