Arab Saudi Adakan Pameran Mobil Khusus untuk Perempuan

Fajar Nugraha    •    Jumat, 12 Jan 2018 11:48 WIB
arab saudi
Arab Saudi Adakan Pameran Mobil Khusus untuk Perempuan
Perempuan Arab Saudi kini diperbolehkan untuk mengemudikan mobil (Foto: AFP).

Jeddah: Setelah Raja Salman memerintahkan diizinkannya perempuan untuk mengendarai mobil mulai Juni 2018, kini Arab Saudi mengadakan pameran mobil khusus untuk perempuan.
 
 
Banyak perempuan yang memenuhi pusat perbelanjaan Le Mall di Jeddah. Mereka beramai-ramai melihat pameran mobil yang ditujukan khusus untuk perempuan.
 
"Saya selalu tertarik dengan mobil, tetapi tidak memiliki kemampuan untuk mengemudikannya," ujar seorang perempuan Arab Saudi yang datang dalam pameran tersebut, Ghada al-Ali, seperti dikutip Guardian, Jumat 12 Januari 2018.
 
"Kini saya sangat tertarik untuk membeli sebuah mobil, tetapi tidak ingin harganya terlalu mahal," jelasnya.
 
Biaya hidup di Arab Saudi saat ini meningkat setelah pemerintah menaikkan harga bahan bakar dan memberlakukan pajak pertambahan nilai mulai Januari ini.
 
Melalui sebuah dekrit yang dikeluarkan pada September, Raja Salman memerintahkan diakhirinya larangan mengemudi bagi perempuan. Pelarangan itu sudah membatasi mobilitas perempaun dan oleh aktivis HAM dianggap sebagai bentuk supresi dari Pemerintah Arab Saudi.
 
Dengan adanya pelarangan itu, Arab Saudi dianggap sebagai satu-satunya negara di dunia yang melarang perempuan untuk mengemudi. Kini dekrit dari Raja Salman tengah mengubah semuanya dan Arab Saudi masa kini dinilai terus berubah lebih terbuka.
 
Banyak pemuda di Arab Saudi melihat perubahan dalam kerajaannya saat ini. Ditunjuknya Pangeran Mohammed bin Salman sebagai Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi menjadi bukti bahwa generasi muda kini memegang peranan penting dalam negaranya.
 
Sementara pameran mobil kali ini difokuskan pada mobil yang hemat bahan bakar. Tidak hanya itu, dipersiapkan pula para penjual perempuan yang bisa membantu calon pembelinya.

 

 
(FJR)


Pameran Replika Stasiun Kereta Api Bersejarah di AS

Pameran Replika Stasiun Kereta Api Bersejarah di AS

18 hours Ago

Ribuan pengunjung setiap tahun datang ke U.S. Botanic Garden atau Kebun Raya AS di Washington untuk…

BERITA LAINNYA