Dua Simpatisan ISIS asal Inggris Ditangkap di Suriah

Sonya Michaella    •    Jumat, 09 Feb 2018 06:51 WIB
isis
Dua Simpatisan ISIS asal Inggris Ditangkap di Suriah
Pasukan ISIS masih menguasai sebagian kecil Suriah. (Foto: AFP)

Washington: Seorang pejabat pertahanan Amerika Serikat (AS) mengonfirmasi bahwa dua simpatisan ISIS asal Inggris telah ditangkap di Suriah. Dua militan ini dikenal kerap membuat rekaman suara soal pemenggalan kepala warga sipil.

Alexanda Amon Kotey dan El Shafee el-Sheikh dilaporkan diciduk oleh Pasukan Demokratik Suriah yang disokong AS, pada Januari lalu di Suriah Timur.

"Keduanya diyakini telah bertindak sebagai penjaga dan juru bahasa dalam penawanan sandera Barat dan diperkirakan memiliki hubungan dengan teroris Inggris yang sering disebut Jihadi John," kata pejabat tersebut, dikutip AFP, Jumat 9 Februari 2018.

Militan yang dinamai Jihadi John ini dilaporkan sudah tewas terbunuh pada 2015 silam dalam serangan drone koalisi pimpinan AS.

Sementara itu, anggota lainnya yang bernama Aine Davis, dilaporkan ditahan di Turki.
 
Para militan ini kerap menyandera warga sipil dan wartawan dengan mengancam akan memenggal kepala yang direkam dan diunggah ke internet.

Beberapa korbannya adalah wartawan AS James Foley, Steven Sotloff, wartawan Jepang Kenji Goto dan sukarelawan asal Inggris yaitu David Haines dan Alan Henning.

Namun, pejabat AS ini tidak membeberkan identitas lebih lanjut soal dua orang simpatisan ISIS ini.

"El Shafee dan kawannya mewakili sebagian kecil dari ratusan teroris ISIS yang berkewarganegaraan asing dan pindah ke Suriah," ungkap dia.

Terkait hal ini, Kementerian Luar Negeri Inggris belum mengonfirmasi soal penangkapan tersebut. 


(DMR)