Dituduh Lecehkan Wanita Palestina, Dua Prajurit Israel Ditangkap

Arpan Rahman    •    Minggu, 23 Sep 2018 15:33 WIB
palestina israel
Dituduh Lecehkan Wanita Palestina, Dua Prajurit Israel Ditangkap
Prajurit Israel membidik ke arah pengunjuk rasa Palestina di dekat Nablus, Tepi Barat, 21 September 2018. (Foto: AFP/JAAFAR ASHTIYEH)

Qalandiya: Dua tentara Israel ditangkap menyusul tuduhan bahwa mereka melecehkan sejumlah perempuan Palestina di pos pemeriksaan militer. Tidak hanya itu, mereka juga dituding mencuri barang dari sejumlah orang yang melintasi pos.

Kedua orang itu ditahan atas perintah Unit Investigasi Internal dari Kepolisian Israel. Mereka dituduh telah melakukan pelecehan seksual di perbatasan Qalandiya, yang terletak di antara Ramallah dan Yerusalem di Tepi Barat.

Salah satu tersangka merupakan prajurit, sedangkan yang lainnya merupakan analis keamanan dari Polisi Militer Israel.

Menurut hakim Pengadilan Militer Jaffa, Kolonel Ihsan Halabi, pengadilan telah "menyimpulkan adanya ada bukti kuat" terhadap kedua tersangka.

Seperti dilansir dari kantor berita Express, Minggu 23 September 2018, dia menyebut keduanya diduga "menyalahgunakan wewenang untuk melakukan pelanggaran serius terhadap orang lain."

Sang hakim menambahkan adaya "indikasi bahwa tindakan kedua pria itu dimotivasi rasisme."

Selain itu, kedua pria itu juga dituduh telah mencuri dari sejumlah warga Palestina yang melintasi pos pemeriksaan.

Pengadilan tidak menyebutkan nama dari kedua pria itu. Salah satu tersangka membantah keras tuduhan pelecehan seksual dan pencurian,

"Sebuah penyelidikan telah dibuka oleh Unit Investigasi Internal, dan dua tentara yang diberhentikan sementara sudah ditangkap dan dibawa ke hadapan pengadilan militer," ucap juru bicara Pasukan Pertahanan Israel (IDF).


(WIL)