Kematian Global akibat Terorisme Menurun pada 2015

Willy Haryono    •    Rabu, 16 Nov 2016 17:53 WIB
terorisme
Kematian Global akibat Terorisme Menurun pada 2015
Bendera hitam ISIS. (Foto: Independent)

Metrotvnews.com, New York: Kematian akibat terorisme dalam skala global menurun tahun lalu akibat melemahnya kekuatan kelompok militan Islamic State (ISIS) dan Boko Haram. Namun, kedua grup telah berhasil melebarkan sayap geografisnya. 

Sekitar 29.376 orang meninggal dunia akibat terorisme pada 2015, turun 3.389 dari tahun sebelumnya dan penurunan pertama sejak 2010. Ini merupakan data dari Indeks Terorisme Global yang dirilis Institute for Economics and Peace. 

Penurunan terjadi karena merosotnya 5.556 kematian di Iraq dan Nigeria -- reduksi sekitar satu per tiga sejak 2014 -- seiring kesuksesan operasi militer dalam melemahkan ISIS dan Boko Haram. 

Namun, kedua grup telah mengembangkan jangkauan geografisnya tahun lalu. Boko Haram telah membunuh lebih banyak orang di Niger, Kameru dan Chad daripada 2014. 

Sementara beberapa grup terafiliasi ISIS telah melancarkan serangan di 28 negara pada 2015, lebih banyak 15 dari tahun sebelumnya. 

Kematian di negara-negara anggota Organisasi Kerja Sama dan Pengembangan Ekonomi (OECD) meningkat dari 77 pada 2014 menjadi 577 di tahun setelahnya. Lebih dari separuh kematian terkait dengan ISIS.


Pemimpin Boko Haram Abu Bakr Shekau. (Foto: AFP)

"Serangan ISIS di Paris, Brussels dan Ankara, adalah yang paling mengejutkan dalam sejarah ketiga negara tersebut, dan merefleksikan kembalinya sepak terjang grup teroris sejak September 11," tulis laporan tersebut, yang merujuk pada aksi teror 9/11, seperti dikutip AFP, Rabu (16/11/2016). 

Enam negara dilanda situasi buruk terkait terorisme pada 2015 -- Prancis, Turki, Arab Saudi, Kuwait, Tunisia dan Burundi.

Angka kematian akibat aksi Taliban di Afghanistan juga melonjak drastis. Namun Pakistan, India dan Thailand, menunjukkan perkembangan berarti. 

Hanya lima negara -- Irak, Afghanistan, Nigeria, Pakistan dan Suriah -- yang mencakup 72 persen dari total kematian global akibat terorisme pada 2015. 

Sementara empat grup -- ISIS, Boko Haram, Taliban dan al-Qaeda -- bertanggung jawab atas 74 persen total kematian global akibat terorisme. ISIS dan grup terafiliasi lainnya tercatat membunuh sekitar 6.141 orang tahun lalu.


(WIL)

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

1 day Ago

Perdana Menteri Italia Metteo Renzi mundur dari jabatannya setelah gagal menang dalam referendum…

BERITA LAINNYA