Teknisi Mesir Ditangkap Terkait Dugaan Bom Pesawat Rusia

Fajar Nugraha    •    Sabtu, 30 Jan 2016 15:50 WIB
pesawat rusia jatuh di mesir
Teknisi Mesir Ditangkap Terkait Dugaan Bom Pesawat Rusia
Lokasi jatuhnya pesawat Rusia di Mesir (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Kairo: Seorang teknisi sebuah maskapai Mesir ditangkap setelah diduga memiliki kaitan dengan jatuhnya pesawat milik maskapai Rusia, Oktober lalu.

Teknisi dari EgyptAir itu diduga sebagai pihak yang meletakkan bom di pesawat miliki maskapai MetroJet. Pesawat itu jatuh sesaat setelah lepas landas dari Bandara Sharm el-Sheikh pada 31 Oktober lalu. 224 orang tewas dalam kejadian tersebut. Kelompok Islamic State (ISIS) mengaku di balik jatuhnya pesawat itu.

Namun menurut sumber dari Reuters, teknisi EgyptAir,-yang saudara sepupunya bergabung dengan ISIS 18 bulan lalu- ditahan bersama dengan dua polisi bandara. Selain itu seorang porter juga dicurigai membantunya meletakkan bom.

"Setelah mengetahui bahwa anggotanya memiliki saudara yang bekerja di bandara, kelompok ISIS mengirimkan bom melalui tas kepada teknisi itu," ujar seorang sumber tersebut, seperti dikutip Reuters, Sabtu (30/1/2016).

"Dia diminta untuk tidak banyak bertanya dan meletakkan bom itu di pesawat," lanjutnya.

Sementara dua polisi yang diduga juga terlibat dalam kejadian ini, dituduh sengaja tidak melakukan pemeriksaan terhadap paket itu.

"Tetapi ada kemungkinan bahwa polisi itu hanya tidak melakukan tugasnya dengan baik," jelas seorang sumber Reuters lainnya.

ISIS yang mengklaim terlibat dalam serangan itu, menjelaskan bahwa mereka menyembunyikan bom itu di kalengan minuman. Jatuhnya pesawat ini pada akhirnya merusak industri pariwisata  Mesir.

Sistem keamanan dari bandara Mesir juga dikecam terkait serangan. Mereka dituduh tidak mengikuti protokol yang berlaku.
 


(FJR)