ISIS Berhasil Diusir dari Lokasi Pertahanan Terakhir di Suriah

Fajar Nugraha    •    Jumat, 03 Nov 2017 17:23 WIB
krisis suriahisis
ISIS Berhasil Diusir dari Lokasi Pertahanan Terakhir di Suriah
Pasukan Pemerintah Suriah menyaksikan asap hitam dalam peperangan melawan ISIS di Deir al-Zour (Foto: AFP).

Metrotvnews.com, Deir al-Zour: Pasukan pemerintah Suriah dikabarkan berhasil mengusir kekuatan terakhir kelompok Islamic State (ISIS) dari Deir al-Zour.
 
Operasi pasukan Suriah ini dibantu serangan udara dari Rusia dan milisi yang disokong Iran. Kabar ini pun disebar oleh kantor media Suriah.
 
"Aliansi pro pemerintah berhasil mengusir militan di beberapa wilayah terakhir yang mereka kuasai, di Deir al-Zour," ujar televisi nasional Suriah, seperti dikutip AFP, Jumat 3 November 2017.
 
Kelompok ISIS selama ini menguasai satu titik di Kota Deir al-Zour, dan menyandera 200 ribu warga yang hidup di sana. Meski disandera ISIS, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mampu mengirim bantuan makanan melalui pesawat.
 
Pengumuman pemerintah ini muncul setelah beberapa pekan lalu, pasukan yang didukung Amerika Serikat (AS), milisi pimpinan Kurdi mengambil alih kota Raqa, sekitar 90 mil dari Deir al-Zour. Raqa dikenal sebagai ibu kota de facto dari ISIS.
 
ISIS sendiri sudah kehilangan mayoritas wilayah yang mereka umumkan sebagai kekhalifahan. Wilayah itu berada di sekitar Suriah dan Irak.
 
Namun mereka masih berkuasa di Kota Bukmal, Suriah. Kota ini dianggap sebagai titik strategis karena berada di jalan raya membentang dari Ibu Kota Suriah, Damaskus menuju Baghdad, Irak.
 
 



(FJR)