Incar ISIS, AS Lancarkan Serangan Udara Perdana di Somalia

Willy Haryono    •    Sabtu, 04 Nov 2017 08:59 WIB
isis
Incar ISIS, AS Lancarkan Serangan Udara Perdana di Somalia
Dua pesawat jet tempur F-16. (Foto: AFP / MINISTRY OF DEFENCE / HO)

Metrotvnews.com, Mogadishu: Amerika Serikat (AS) meluncurkan serangan udara dari pesawat tanpa awak atau drone terhadap kelompok militan Islamic State (ISIS) di Somalia, Jumat 3 November 2017. Ini merupakan kali pertamanya AS menghantam ISIS di negara Tanduk Afrika tersebut. 

Serangan yang dilakukan di Somalia wilayah timur laut menewaskan "sejumlah teroris," lapor Komando Afrika dari militer AS. 

Menurut kantor berita Voice of America, yang mengukutip pemimpin kota Qandala di regional Puntland, enam misil mengenai sebuah pangkalan ISIS di desa Buqa. 

"Warga lokal terkejut dan melarikan diri dari area," tutur Jama Mohamed Qurshe kepada VOA

Juru bicara AFRICOM Letnan Komandan Anthony Falvo mengatakan tidak ada warga sipil di area serangan udara AS. "Mereka mengenai target yang telah ditentukan," ucapnya kepada AFP

Gempuran pertama terjadi sekitar tengah malam, dan yang kedua pukul 11.00 pagi waktu Somalia. 

Dalam beberapa bulan terakhir, AS menghantam sejumlah kelompok ekstremis Somalia, mulai dari al-Shabaab yang terafiliasi al-Qaeda. Serangan terbaru di Buqa merupakan perkembangan signifikan AS dalam melawan ISIS. 

"Pasukan AS akan terus menggunakan langkah yang diperlukan untuk melindungi warga Amerika dan menghentikan ancaman teroris," ujar AFRICOM. 

ISIS mengklaim serangan bunuh diri pertamanya di Somalia pada Mei lalu, yang menewaskan sedikitnya lma orang. Sejak saat itu, ISIS meningkatkan aktivitasnya di kawasan yang didominasi al-Shabaab. 


(WIL)