Mugabe dalam Kondisi Aman, Militer Bantah Lakukan Kudeta

Fajar Nugraha    •    Rabu, 15 Nov 2017 10:54 WIB
zimbabwe
Mugabe dalam Kondisi Aman, Militer Bantah Lakukan Kudeta
Panglima Militer Zimbabwe Jenderal Constantino Chiwenga tokoh kunci di balik kondisi keamanan saat ini (Foto: AFP).

Harare: Keberadaan Presiden Zimbabwe Robert Mugabe dipastikan aman. Hal ini disampaikan oleh seorang perwira militer dalam pernyataan di televisi.

"Ini bukan pengambilalihan kekuasaan pemerintah oleh militer," ujar seorang jenderal yang membaca surat pernyataan, di televisi nasional, seperti dikutip AFP, Rabu 15 November 2017.

"Kami pastikan bahwa Presiden dan keluarganya dalam kondisi aman serta sehat. Keamanannya mereka saat ini terjamin," tegas perwira tinggi militer tersebut.

(Baca: Situasi Tak Jelas, Tank Penuhi Ibu Kota Zimbabwe).

Pihak militer menegaskan bahwa pihaknya menargetkan para kriminal yang berada di sekitar Presiden Mugabe. 

"Segera setelah misi ini selesai, situasi akan kembali normal," tuturnya.

Robert Mugabe hingga saat ini dikenal sebagai kepala negara tertua di dunia. Tetapi kondisi kesehatannya yang memburuk telah memicu perebutan kekuasaan di Zimbabwe.

Beberapa petinggi militer menentang munculnya nama Grace Mugabe sebagai calon presiden berikutnya.

(Baca: Suara Tembakan Terdengar di Kediaman Pribadi Presiden Zimbabwe).

Tidak ada detail yang bisa dipaparkan mengenai kejadian ini. Namun Partai ZANU-PF yang dipimpin oleh Mugabe mengatakan bahwa Panglima Militer Zimbabwe Jenderal Constantino Chiwenga dituduh melakukan tindakan yang bisa dikatakan sebagai pemberontakan.

Debat di publik juga mewakili ujian berat bagi kekuasaan Mugabe, yang saat ini dalam kondisi kesehatan buruk. Chiwenga sendiri mendesak Mugabe untuk melakukan pembersihan terhadap beberapa figur senior dalam politik Zimbabwe, termasuk Wakil Presiden Emmerson Mnangagwa yang dipecat pekan lalu.


(FJR)