Gunakan Mobil Polisi, Bom Bunuh Diri di Yaman Tewaskan Tujuh Orang

Sonya Michaella    •    Senin, 12 Sep 2016 12:46 WIB
krisis yaman
Gunakan Mobil Polisi, Bom Bunuh Diri di Yaman Tewaskan Tujuh Orang
Bom bunuh diri di Yaman tewaskan tujuh anggota polisi (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Aden: Bom kembali meledak Yaman. Kali ini, bom meledak di sebuah kompleks polisi di kota kelahiran Presiden Yaman, Abd-Rabbu Mansour Hadi, tepatnya di Provinsi Abyan.

Seperti dilansir Reuters, Senin (12/9/2016), bom yang meledak ini berasal dari pengebom bunuh diri yang mengendarai sebuah kendaraan penuh bahan peledak.

Tujuh anggota kepolisian tewas dan 15 orang lainnyal luka-luka akibat insiden ini. Hingga saat ini, tak ada yang mengaku bertanggung jawab atas serangan yang termasuk di distrik Al Qaeda.

Namun, disinyalir meledaknya bom ini adalah ulah dari kelompok Al-Qaeda. Pasukan keamanan Yaman telah dikerahkan di kota ini sejak bulan lalu untuk mengusir militan Al-Qaeda dari kota-kota di Provinsi Zinjibar dan Jaar.

Salah seorang pejabat Yaman mengatakan pengebom bunuh diri ini berhasil mengelabui para penjaga karena mengendarai kendaraan polisi dalam melancarkan aksinya.

Awal bulan lalu, pasukan pemerintah Yaman yang didukung oleh koalisi pimpinan Saudi memasuki ibu kota provinsi Abya. Pasukan merebut kembali kota-kota lain di seluruh Abyan yang dipenuhi oleh perlawanan sengit dari Al Qaeda.

Militan yang masih ada di daerah sekitar kota Abyan kembali masuk dan mengontrol sebagian besar provinsi tetangga, Shabwa.

Lebih dari 6.600 orang, kebanyakan warga sipil, telah tewas di Yaman sejak Maret 2015 dan lebih dari 80 persen dari populasi sangat membutuhkan bantuan kemanusiaan.


(WIL)