Perahu Karam, 24 Anak Dilaporkan Tenggelam di Sudan

Arpan Rahman    •    Kamis, 16 Aug 2018 15:58 WIB
kecelakaan kapal
Perahu Karam, 24 Anak Dilaporkan Tenggelam di Sudan
Ilustrasi oleh Medcom

Khartoum: Setidaknya 24 anak dan seorang perempuan di Sudan tenggelam pada Rabu 15 Agustus. Sebuah perahu yang mengangkut mereka ke sekolah tenggelam di dekat Sungai Nil. Saat itu mesin perahu rusak di tengah hujan lebat dan angin.
 
Perahu yang membawa para siswa ke SMA Kenba karam tatkala berlayar di daerah banjir di dekat Sungai Nil, sekitar 756 kilometer sebelah utara ibukota Sudan, Khartoum. Karamnya perahu menyebabkan kepanikan di antara anak-anak mulai usia 7 hingga 16, BBC melaporkan. Para pejabat menemukan dua mayat Rabu.
 
Seorang pekerja rumah sakit wanita, yang bersama para siswa, juga tenggelam, SUNA News Agency yang dikelola negara melaporkan. Perahu itu membawa 40 siswa, menurut SUNA.
 
Kepala sekolah SMA Kenba, Ab el-Khayr Adam Yunis, berkata kepada BBC bahwa para siswa biasanya berjalan ke sekolah. Tetapi mereka naik perahu karena banjir.
 
"Mereka yang meninggal kebanyakan adalah perempuan," kata Yunis kepada program radio BBC Focus on Africa.
 
"Satu keluarga kehilangan lima anak perempuan, dan tiga keluarga lainnya kehilangan dua anak masing-masing, dan dua keluarga kehilangan tiga anak masing-masing," keluhnya seperti dikutip dari UPI, Kamis 16 Agustus 2018.
 
Insiden tenggelam terjadi ketika mesin dimatikan sebagai akibat dari kuatnya arus sungai.
 
Pasukan Pertahanan Sipil sedang mencari di sepanjang Sungai Nil untuk menemukan korban yang hilang.


(FJR)