Arab Saudi Akan Keluarkan Visa Turis

Eko Nordiansyah    •    Rabu, 01 Nov 2017 05:43 WIB
arab saudibebas visa
Arab Saudi Akan Keluarkan Visa Turis
Ilustrasi. (Foto:AFP/Armend Nimani)

Metrotvnews.com, Riyadh: Pihak berwenang Arab Saudi berencana untuk segera mulai mengeluarkan visa turis. Hal ini karena kerajaan konservatif itu berusaha menarik pengunjung internasional dalam perombakan ekonomi yang selama ini bergantung pada minyak.

Pariwisata dipandang sebagai pendorong utama pertumbuhan karena kerajaan tersebut mencoba untuk melepaskan ketergantungannya pada petrodolar di tengah kemerosotan minyak yang berkepanjangan.

"Visa turis akan segera diperkenalkan," kata Kepala Otoritas Pariwisata Saudi, Pangeran Sultan bin Salman bin Abdul Aziz, seperti dikutip dari AFP, Rabu 1 November 2017.

Selain jutaan Muslim yang melakukan perjalanan ke Arab Saudi untuk ziarah tahunan, sebagian besar pengunjung saat ini menghadapi proses visa yang membosankan dan biaya yang sangat tinggi untuk masuk ke dalam kerajaan.

Komentar Pangeran Sultan muncul menjelang konvensi arkeologi Arab Saudi yang pertama di Riyadh minggu depan karena pemerintah berusaha untuk memamerkan beberapa situs bersejarahnya.

Putra Mahkota Mohammed bin Salman pada bulan Agustus mengumumkan sebuah proyek pariwisata besar-besaran untuk mengubah 50 pulau dan serangkaian situs di Laut Merah menjadi resor mewah.

Meski kaya akan keindahan alam, kerajaan ini hampir tidak dilihat sebagai kawasan wisata. Alkohol dan bioskop masih dilarang di kerajaan monarki absolut dan salah satu negara paling konservatif di dunia tersebut.

Namun pihak berwenang dalam beberapa bulan terakhir telah berusaha memproyeksikan citra moderat dengan serangkaian reformasi, termasuk keputusan yang memungkinkan perempuan mengemudi dari bulan Juni mendatang.

Kerajaan ini juga diharapkan dapat mencabut larangan publik terhadap bioskop dan telah mendorong perayaan gender campuran, sesuatu yang jarang terlihat sebelumnya.

Pergerakan itu tampak dirancang untuk memproyeksikan kerajaan dalam cahaya yang menguntungkan karena berusaha menarik investasi asing yang sangat dibutuhkan.


(DEN)