Pasukan Irak Rebut 77 Desa dari Kekuatan ISIS

   •    Jumat, 24 Nov 2017 10:57 WIB
irakisis
Pasukan Irak Rebut 77 Desa dari Kekuatan ISIS
Militer Irak terus mendesak kekuatan ISIS (Foto: AFP).

Baghdad: Pasukan keamanan Irak pada Kamis 23 November 2017 merebut kembali 77 desa sebagai bagian dari operasi besar militer guna mengusir anggota militan Islamic State (ISIS) dari kubu mereka di gurun di Irak Barat.
 
"Militer Irak yang terdiri dari brigade paramiliter Hashd Shaabi dan polisi federal merebut kembali semua desa itu setelah mereka membersihkan daerah lebih dari 5.800 kilometer persegi dari petempur garis keras pada hari pertama tahap kedua serangan tersebut," ucap Komandan Operasi Irak Barat, Lenan Jenderal Abdul Amir Rasheed Yarallah, seperti dikutip Xinhua, Jumat 24 November 2017. 
 
Dengan dukungan oleh helikopter tempur, pasukan Iran juga merebut satu jembatan dan satu pangkalan udara kecil di sebelah selatan Daerah Hatra. Lokasi ini berada di sekitar 60 kilometer di sebelah barat daya Mosul.
 
Seperti dilansir dari Antara, Yarallah kemudian mengumumkan peluncuran serangan tahap kedua dengan tujuan mengusir petempur garis keras dari kubu mereka di gurun luas di dekat perbatasan dengan Suriah. Gurun tersebut membentang sampai ke jantung pemeluk Sunni di Provinsi Nineveh di Irak Utara, Provinsi Salahudin di sebelah utara Ibu Kota Irak, Baghdad, dan Prvoinsi Anbar di Irak Barat.
 
Pasukan keamanan mengakhiri tahap awal serangan pada 17 November, ketika mereka mengusir anggota militan ISIS dari kubu kota terakhir mereka di Irak dan mengibarkan bendera Irak di atas gedung di Kota Rawa dan daerah perbatasan di dekatnya di sebelah utara Sungai Eufrat.
 
Gerilyawan ISIS merebut banyak wilayah di Irak pada 2014. Setelah tiga tahun pertempuran sengit, pasukan Irak telah merebut kembali sebagian besar daerah yang diduduki, termasuk kota terbesar kedua Irak, Mosul.



(FJR)