Sebelas Prajurit Turki Tewas dalam Operasi Afrin

Willy Haryono    •    Minggu, 11 Feb 2018 11:41 WIB
krisis suriahturki
Sebelas Prajurit Turki Tewas dalam Operasi Afrin
Helikopter Turki terbang di area Hassa dekat Hatay, 28 Januari 2018. (Foto: AFP/OZAN KOSE)

Ankara: Sebelas prajurit Turki tewas, termasuk dua di dalam sebuah helikopter yang ditembak jatuh, dalam operasi militer di wilayah Afrin, Suriah bagian utara, Sabtu 10 Februari 2018. 

Pada 20 Januari, Turki meluncurkan operasi militer terhadap milisi Unit Perlindungan Rakyat Kurdi atau YPG di Afrin. Dalam operasi ini, Turki juga mendukung sejumlah pemberontak Suriah lewat serangkaian serangan udara.

"Saat ini, kami dapat mengonfirmasi bahwa satu dari dua helikopter telah ditembak jatuh. Ada dua korban tewas," ujar Perdana Menteri Binali Yildirim dalam tayangan televisi, seperti dilansir AFP. 

Militer Turki kemudian melaporkan adanya sembilan tentara yang tewas dalam insiden terpisah tanpa memberikan detail lebih lanjut. Terdapat pula sebelas prajurit yang terluka di area sekitar Afrin. 

Baca: Menlu AS akan Diskusikan Operasi Afrin dengan Turki

Yildirim mengatakan helikopter yang ditembak jatuh sedang berada menjalankan misi di Afrin, dalam operasi pemerintah bertajuk "Olive Branch."

Ankara mengatakan YPG adalah grup "teroris" pecahan dari Partai Pekerja Kurdi (PKK), yang telah memberontak di Turki sejak tiga dekade terakhir. 

Sebelumnya, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan sebuah helikopter telah ditembak jatuh tanpa mengatakan siapa pelakunya. 

"Tentu saja hal seperti ini dapat terjadi. Kami berada dalam perang. Kami pasti akan menderita kerugian, tapi juga akan membuat kubu seberang juga mengalami hal serupa," ungkap Erdogan.

 


(WIL)


Menlu AS Temui Raja Salman Bahas Jurnalis Hilang

Menlu AS Temui Raja Salman Bahas Jurnalis Hilang

4 hours Ago

Pompeo berterima kasih kepada Raja Salman karena mendukung penyelidikan transparan pencarian Jamal…

BERITA LAINNYA