Indonesia Siap Ikuti Sidang Tahunan Majelis Umum PBB

Wahyu Dwi Anggoro    •    Kamis, 14 Sep 2017 16:26 WIB
pbb
Indonesia Siap Ikuti Sidang Tahunan Majelis Umum PBB
Wakil Presiden Jusuf Kalla juga memimpin delegasi Indonesia pada Sidang Tahunan Majelis Umum PBB tahun lalu. (Foto:AFP)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Indonesia telah siap menghadiri Sidang Tahunan Majelis Umum PBB di New York, Amerika Serikat (AS) pada bulan ini. Delegasi Indonesia diperkirakan akan mengikuti lebih dari 200 acara.

Wakil Presiden Jusuf Kalla akan kembali memimpin delegasi Indonesia pada tahun ini. Dia akan didampingi oleh Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Menurut Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir, Wapres Kalla akan mengikuti setidaknya 10 kegiatan resmi. Dia juga akan melakukan sejumlah pertemuan bilateral. 

Sementara, Menlu Retno akan mengikuti setidaknya 20 kegiatan resmi. Dia pun akan menlakukan lebih dari 70 pertemuan bilateral.

"Sidang Tahunan PBB bisa dijelaskan seperti pasar internasonal. Terdapat ratusan kegiatan dalam jangka waktu dua minggu," kata Arrmanatha, Jakarta, Kamis 14 September 2017.

Dalam Sidang Tahunan Majelis Umum PBB, Indonesia akan mengangkat beberapa isu yang dianggap signifikan, antara lain perdamaian dan keamanan internasional, pembangunan berkelanjutan, kemajuan HAM serta reformasi PBB. Indonesia terus mengkampanyekan rencanaya menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB untuk periode 2019-2020.

"Pemilihan akan dilakukan tahun depan. Kami telah mendapatkan cukup banyak dukungan," sebut Arrmanatha.

"Pemerintah meluncurkan kampanye untuk menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB dalam Sidang Tahunan PBB setahun lalu. Kami terus melanjutkan kampanye setelahnya," lanjutnya.


(WAH)