Sekjen PBB akan Kunjungi Palestina dan Israel

Sonya Michaella    •    Jumat, 04 Aug 2017 10:14 WIB
pbbpalestina israel
Sekjen PBB akan Kunjungi Palestina dan Israel
Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, New York: Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres akan melakukan kunjungan perdananya ke Israel, Palestina dan Jalur Gaza pada akhir bulan ini.

Rencananya, Guterres akan bertemu dengan para pemimpin Israel, dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas di Ramallah. Dikabarkan, perjalanan itu akan dilaksanakan selama tiga hari mulai 28 Agustus.

Dikutip dari AFP, Jumat 4 Agustus 2017, kunjungan ini akan memungkinkan Guterres untuk membangun hubungan dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

Duta Besar Palestina untuk PBB, Riyad Mansour menggambarkan kunjungan ini sebagai kunjungan yang sangat penting, yang mengindikasikan bahwa adanya fokus kuat PBB untuk Palestina.

"PBB telah terlibat untuk kemerdekaan Palestina. Ini merupakan upaya diplomatik untuk perundingan Palestina-Israel," tutur dia.

Guterres, yang merupakan mantan PM Portugal, disebut-sebut sangat paham kompleksitas permasalahan Israel dan Palestina. 

Guterres bukanlah seorang yang datang ke wilayah sengketa tersebut dan tidak tahu menahu apa yang terjadi di situ.

Sejak menggantikan Ban Ki-moon sejak 1 Januari lalu, Guterres terlihat berhati-hati dalam pendekatannya di konflik Palestina Israel ini. 

Selama bentrokan terjadi di Masjid Al Aqsa, Yerusalem, Guterres menyerukan agar terjadi de-eskalasi dan penghormatan terhadap status quo tempat suci tersebut.





(FJR)