Moon Tetap Berharap Kim Mau Datang ke Seoul

Willy Haryono    •    Selasa, 04 Dec 2018 11:06 WIB
korea utarakorea selatankorsel-korutAmerika Serikat-Korea Utara
Moon Tetap Berharap Kim Mau Datang ke Seoul
Presiden Korsel Moon Jae-in dalam lawatan ke Auckland, Selandia Baru, 4 Desember 2018. (Foto: AFP/DIEGO OPATOWSK)

Auckland: Hubungan Korea Selatan dengan Korea Utara terus membaik dalam beberapa bulan terakhir. Salah satu pertanda terbaru adalah masih terbukanya kemungkinan kunjungan pemimpin Korut Kim Jong-un ke Korsel bulan ini.

Presiden Korsel Moon Jae-in mengatakan Kim kemungkinan akan mengunjungi Seoul untuk kali pertama dalam beberapa pekan ke depan. Kunjungan ini akan membantu mendorong terwujudnya Semenanjung Korea tanpa senjata nuklir.

Moon dan Kim telah tiga kali bertemu tahun ini. Seoul berharap kunjungan dari orang nomor satu di Pyongyang dapat terjadi sebelum akhir tahun.

"Ada kemungkinan kunjungan Ketua Kim Jong-un ke Seoul terjadi tahun ini. Namun ada hal-hal yang lebih penting selain sekadar waktu kedatangannya," ujar Moon dalam lawatan ke Aukland, Selandia Baru.

"Terlepas apakah kunjungan itu tahun ini atau bukan, tidak terlalu penting. Hal terpenting adalah kunjungan pemimpin Korut akan mempercepat proses denuklirisasi di Semenanjung Korea," lanjut dia, seperti disitat dari kantor berita AFP, Selasa 4 Desember 2018.

Kunjungan Kim ke Seoul juga diyakini Moon akan meningkatkan hubungan AS dengan Korut setelah konferensi antar kedua negara itu berlangsung di Singapura pada Juni lalu.

"Saya yakin kunjungan tersebut akan berdampak positif terhadap rencana pertemuan kedua AS-Korut," sebut Moon. Presiden AS Donald Trump menyebut pertemuan keduanya dengan Kim dapat berlangsung awal tahun 2019.

Baca: KTT AS-Korut Kedua Bahas Langkah Konkret Denuklirisasi

Seiring membaiknya hubungan, Korut dan Korsel telah bersama-sama menyingkirkan ranjau darat dan menghancurkan bungker militer di wilayah perbatasan. 

Selain itu, keduanya juga memulai melakukan survei bersama untuk menghidupkan kembali jaringan rel kereta api antar-Korea.


(WIL)