Militer Mesir Bunuh 52 Militan di Semenanjung Sinai

Arpan Rahman    •    Senin, 06 Aug 2018 18:37 WIB
mesir
Militer Mesir Bunuh 52 Militan di Semenanjung Sinai
Konvoi polisi Mesir bertolak menuju El Arish, Sinai Utara, 27 Juli 2018. (Foto: AFP/KHALED DESOUKI)

Sinai: Militer Mesir mengaku telah membunuh 52 militan di Semenanjung Sinai selama beberapa hari terakhir. Operasi ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan pemerintah Mesir dalam memusnahkan kelompok militan di Sinai, daerah gurun yang jarang dihuni warga.

Dalam sebuah pernyataan pada Minggu 5 Agustus, disebutkan bahwa pasukan keamanan Mesir juga telah menghancurkan 15 kendaraan bermuatan senjata dan amunisi yang berusaha menyusup ke perbatasan barat. Sebanyak 17 kendaraan lainnya juga dihancurkan di wilayah Sinai selatan.

"Selama beberapa hari terakhir, operasi telah menewaskan 52 orang yang sangat berbahaya," kata militer Mesir, seperti dikutip dari Al Jazeera, Senin 6 Agustus 2018.

Selama berbagai operasi gabungan militer dan polisi di Sinai Utara dan pusat semenanjung tersebut, 49 militan juga berhasil ditangkap.

Tewasnya 52 militan menempatkan angka kematian dalam operasi Sinai mencapai lebih dari 300 orang. Operasi membasmi militan di Sinai diluncurkan pada Februari lalu.

Mengalahkan kelompok militan dan memulihkan keamanan telah menjadi janji Presiden Abdel Fattah el-Sisi, yang terpilih kembali pada Maret dalam kemenangan telak pemilihan umum.


(WIL)