Tarik Wisatawan, KBRI Kiev Gelar Indonesia Week 2017

Sonya Michaella    •    Kamis, 14 Sep 2017 08:14 WIB
indonesia-ukraina
Tarik Wisatawan, KBRI Kiev Gelar Indonesia Week 2017
Indonesia Week di Ukraina. (Foto: Twitter KBRI Kiev)

Metrotvnews.com, Kiev: Meski HUT RI ke-72 sudah berlalu, namun euforianya masih terasa di sejumlah perwakilan-perwakilan RI di luar negeri, salah satunya di KBRI Kiev.

KBRI Kiev bersama masyarakat Indonesia di Ukraina menggelar acara Indonesia Week selama sepekan di Triptych: Global Arts Workshop (gallery), 34 Andriyivskyy Uzviz, Kota Kiev.

Duta Besar RI untuk Ukraina, Yuddy Chrisnandi mengatakan program Indonesia Week ini bagian dari promosi budaya Indonesia. Selain untuk memperingati HUT RI, kegiatan ini juga untuk merayakan 25 tahun hubungan diplomasi Indonesia dan Ukraina. 

"Indonesia Week ini mampu meningkatkan wisatawan Ukraina untuk datang ke Indonesia," kata Dubes Yuddy dalam keterangan tertulis dari KBRI Kiev yang diterima Metrotvnews.com, Kamis 14 September 2017.

Indonesia Week menyajikan sejumlah kegiatan, antara lain presentasi tentang bbuku edisi Bahasa Ukraina berjudul "25 th Diplomatik Relations between Indonesia-Ukraine" yang akan dibawakan oleh Anton GA, salah seorang warga negara Ukraina yang menjadi peminat budaya Indonesia.  

"Kegiatan ini sangat sesuai dengan tema perayaan 25 Tahun Hubungan Indonesia dan Ukraina yaitu To Bring Prosperity dan Peace," lanjut Dubes Yuddy lagi.

Dalam kegiatan tersebut dihadirkan juga Emira seorang warga kebangsaan Ukraina yang pandai membatik. Dilanjutkan dengan atraksi tarian tradisional Indonesia oleh penari Puput Ratri, Ayesha Fatma serta Anastasia salah seorang warga Ukraina yang pandai menari tradisional Indonesia.

Sebagai symbol persahabatan kedua bangsa, pada 15 September 2017 mendatang, pihaknya akan menyelengarakan upacara di sebuah taman kota di Kyiv, dengan thema Ceremony of the Dressing-Up of Queen Anna Sculpture with The Indonesian Traditional Costume. 

Di acara ini, akan ada penyematan baju tradisional Indonesia bermotif Bali pada salah satu patung Ratu Anna de Kyiv yang merupakan sosok yang dihormati di Benua Eropa. Tak hanya itu, akan dikukuhkan juga organisasi Diaspora Indonesia yang ada di Ukraina. 

"Upacara ini men-simbolkan, harapan kedua bangsa dalam suatu kondisi yang aman dan sejahtera (prosperity and peace)," tuturnya. 

Gelaran Indonesia Week ini dibuka mulai 11 hingga 16 September mendatang. Pemilik Galery Global Arts Workshop yang menjadi ajang Indonesia Week, Myroslava Hartmond, dalam sambutannya menyampaikan terima-kasih kepada pihak KBRI Kiev yang memberikan kesempatan menjadi tempat berlangsungnya Indonesia Week 2017.


(FJR)