Gadis Remaja Tawanan Boko Haram Kembali ke Keluarga

Arpan Rahman    •    Senin, 17 Oct 2016 16:08 WIB
boko haram
Gadis Remaja Tawanan Boko Haram Kembali ke Keluarga
Gadis remaja tawanan Boko Haram. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Abuja: Sebanyak 21 dari 200 lebih gadis remaja asal Chibok telah dibebaskan dari jeratan grup ekstremis Boko Haram selama lebih dari dua tahun. Mereka mengungkapkan penderitaannya setelah bersatu kembali dengan keluarga masing-masing. 

Dalam sebuah acara keagamaan di ibu kota Abuja, seorang siswi bernama Gloria Dame mengaku pernah bertahan hidup cukup lama tanpa ada makanan berarti dan lolos dari maut setidaknya sekali selama ditahan Boko Haram.

"Saya berada di hutan ketika pesawat menjatuhkan bom di dekat saya, tetapi saya tidak terluka," kata Dame di hadapan jemaat.

"Kami tidak punya makanan untuk satu bulan lebih 10 hari, tapi kami tidak mati. Kami berterima kasih kepada Tuhan," katanya, berbicara dalam bahasa lokal Hausa.

Ritual keagamaan digelar dinas keamanan Nigeria yang merundingkan pembebasan mereka. Sebagian besar siswa yang diculik beragama Kristen, tetapi telah dipaksa masuk Islam selama penyekapan.

Penculikan gadis-gadis Chibok pada April 2014 menarik perhatian global mengenai pemberontakan Boko Haram yang melanda wilayah itu. Khususnya, saat Ibu Negara Amerika Serikat Michelle Obama bergabung dengan gerakan daring #BringBackOurGirls untuk membebaskan para gadis.

Dari 276 gadis yang awalnya diculik, beberapa berhasil lolos dalam hitungan jam setelah penculikan. Seorang korban lain berusia 19 tahun ditemukan bersama bayinya yang berumur empat bulan, awal tahun ini.

Menteri Informasi Nigeria Lai Mohamed bertekad menyelamatkan lebih banyak lagi gadis remaja yang masih ditahan Boko Haram. "Segera, sekumpulan lain, jumlahnya lebih besar dari ini, akan dibebaskan," kata Mohammed seperti disitir AFP, Senin (17/10/2016).

Garba Shehu, juru bicara kepresidenan Nigeria, mengatakan kepada AFP bahwa, "Mamman Nur faksi Boko Haram telah menunjukkan kesediaannya untuk merundingkan pembebasan lebih banyak gadis Chibok."

"Kelompok itu mengklaim memiliki lebih dari 83 gadis untuk dibebaskan melalui negosiasi," tambahnya.

Meski merebut kembali sejumlah kawasan dari militan, Presiden Nigeria Muhammadu Buhari telah menghadapi kritik pedas karena gagal menyelamatkan beberapa tawanan belia Boko Haram

Pemberontakan Boko Haram pada 2009 telah menewaskan lebih dari 20.000 jiwa, dan membuat 2,6 juta lainnya kehilangan tempat tinggal.


(WIL)

Polisi Inggris Rilis Foto Penyerang Westminster

Polisi Inggris Rilis Foto Penyerang Westminster

2 hours Ago

Khalid Masood, warga Inggris 52 tahun dengan riwayat pelanggaran kekerasan tapi diyakini bukan…

BERITA LAINNYA