Serangan Roket ISIS Tewaskan Dua Tentara Turki di Suriah

Whisnu Mardiansyah    •    Rabu, 07 Sep 2016 03:26 WIB
isis
Serangan Roket ISIS Tewaskan Dua Tentara Turki di Suriah
Tank Turki datang dari Suriah saat serangan militer Turki kepada ISIS. (Foto: AFP/BULENT KILIC).

Metrotvnews.com, Suriah: Dua tentara Turki tewas dalam sebuah pertempuran dengan ISIS di sebelah utara Suriah. Sementara, lima lainnya mengalami luka-luka dalam serangan roket yang menargetkan tank-tank militer Turki.

Korban tewas dari pihak militer Turki diklaim yang pertama kalinya semenjak Turki melancarkan operasi militer di wilayah Suriah selama dua pekan terakhir. Sementara itu, dua orang dari tentara pejuang pembebasan Suriah juga tewas dan dua lainnya luka-luka.

"Dua rekan pahlawan kita tewas dan lima luka-luka dalam serangan roket di dua tank kami oleh ISIS," kata juru bicara militer Turki dalam pernyataan resminya.

Serangan roket itu diluncurkan oleh ISIS dari sebuah desa Al-Waqf. Serangan ini dinilai sebagai aksi balasan ISIS setelah militer Turki membantu pemberontak Suriah membebaskan desa-desa yang sebelumnya dikuasai ISIS.
Khususnya setelah pemberontak Suriah berhasil merebut kota penting Jarabulus di perbatasan Turki-Suriah.

Pada hari Minggu, tentara Turki telah memaksa ISIS keluar dari perbatasan Turki-Suriah. Namun, selain menargetkan ISIS, tentara Turki pun menyerang para militan Kurdi di wilayah yang sama.

Hal ini justru dikritik oleh Amerika Serikat. Negara adidaya itu menilai para milisi Kurdi saat ini merupakan kekuatan yang paling efektif dan garda terdepan dalam menangkal serangan ISIS di perbatasan Turki-Suriah.



(HUS)