PM Israel Sebut Oposisi dan Media Berusaha Gulingkan Pemerintahan

Sonya Michaella    •    Kamis, 10 Aug 2017 14:17 WIB
israel
PM Israel Sebut Oposisi dan Media Berusaha Gulingkan Pemerintahan
PM Israel Benjamin Netanyahu. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Tel Aviv: Dituduh terlibat skandal korupsi, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu berbalik menuding oposisi dan media, yang dinilainya sengaja mencoba menggulingkan pemerintahan saat ini.

Netanyahu telah diperiksa pihak kepolisian beberapa waktu lalu terkait tuduhan tersebut. Tak hanya dirinya, istrinya yang bernama Sara pun ikut diselidiki terkait penyalahgunaan dana.

Sejumlah media Israel memberitakan bahwa jaksa agung setempat segera mengeluarkan dakwaan kepada Sara.

"Media dan oposisi bergabung untuk memberitakan skandal tidak benar. Laporan-laporan palsu terus bergulir," kata Netanyahu, seperti dikutip Guardian, Kamis 10 Agustus 2017.

"Mereka menuntut penegakan hukum atas sebuah masalah yang tidak benar. Mereka malah memberi kami masalah," lanjut dia.

Ia berdalih oposisi dan media kini berusaha menurunkannya dari kursi PM secepat mungkin dengan menggunakan isu skandal korupsi.

"Mereka (oposisi dan media) ingin memberikan tekanan kepada aparat penegak hukum dengan mengorbankan saya, tanpa mengonfirmasi adanya kebenaran dan kaitannya dengan keadilan," ungkap dia.

Netanyahu digadang-gadang terlibat dua kasus korupsi. Pertama, ia dituduh menerima hadiah mewah dari salah satu produser Hollywood dan miliarder Australia, James Parker.

Kedua, Netanyahu diduga mencoba membuat perjanjian dengan bos media Yedioth Ahronoth. Netanyahu akan mendukung dan membuat undang-undang agar pesaing dari Ahronoth merugi.

Sebagai gantinya, media milik Ahronoth akan memberikan pemberitaan yang menguntungkan Netanyahu dan pemerintahannya.


(WIL)