Dubes RI Dorong Liga Arab Satukan Langkah Sikapi Aksi Israel

   •    Kamis, 27 Jul 2017 07:34 WIB
palestina israel
Dubes RI Dorong Liga Arab Satukan Langkah Sikapi Aksi Israel
Israel memasang detektor metal di pintu masuk ke Kompleks Masjid Al-Aqsa sejak pertengahan Juli 2017. (Foto: EPA)

Metrotvnews.com, Kairo: Terkait situasi terkini di Kompleks Masjid Al-Aqsa, Duta Besar Indonesia untuk Mesir mendorong Liga Arab untuk menyatukan langkah menyikapi aksi Israel. 

Sejak pertengahan Juli, Israel membatasi akses masuk ke Kompleks Masjid Al-Aqsa dengan memasang detektor metal, setelah terjadinya penembakan oleh tiga pria yang menewaskan dua polisi Israel. 

Setelah didesak banyak pihak, Israel akhirnya mencabut detektor metal. 

Berikut sikap dari Dubes RI untuk Mesir Helmy Fauzi, dalam rilis yang diterima Metrotvnews.com, Kamis 27 Juli 2017: 

1. Sehubungan dengan insiden kekerasan keamanan Israel yang terjadi di Masjid al-Aqsa dan sekitarnya pada Jumat 21 Juli 2017, Duta Besar Republik Indonesia di Mesir, Helmy Fauzi melalui nota diplomatiknya kepada Sekjen Liga Arab menyatakan bahwa Pemerintah Indonesia mendukung semua upaya positif yang dilakukan oleh Liga Arab untuk menghentikan kesewenang-wenangan Israel terhadap warga muslim Palestina yang hendak melakukan ibadah di masjid al-Aqsa.

2. Dubes Helmy juga mendorong agar Liga Arab dan Organisasi Kerja sama Islam (OKI) melakukan langkah-langkah yang lebih tegas di dalam menekan Israel untuk menghentikan segala bentuk kezaliman dan politik diskriminasi Israel terhadap warga Palestina yang telah memakan banyak korban jiwa dan luka-luka, karena ia yakin bahwa negara-negara anggota Liga Arab dan OKI memiliki kemampuan untuk memberikan dukungan yang kuat dalam merealisasikan hal itu.

3. Ia menambahkan bahwa Pemerintah Indonesia yakin Liga Arab memiliki kemampuan untuk memberikan solusi terbaiknya di dalam penyelesaian krisis yang terjadi di Palestina. Dubes Helmy menegaskan bahwa Pemerintah Indonesia akan selalu mendukung senantiasa memperjuangkan hal kemerdekaan bangsa Palestina dan mendukung langkah-langkah yang ditempuh oleh Liga Arab selama langkah tersebut untuk mewujudkan perdamaian timur tengah dan kemerdekaan Palestina.

4. Sebagaimana diketahui, Liga Arab akan menggelar pertemuan darurat tingkat Menlu negara negara anggota pada Rabu ini.

 


(WIL)