Iran Siapkan Bantuan untuk Pengungsi Rakhine

Fajar Nugraha    •    Jumat, 08 Sep 2017 17:58 WIB
konflik myanmarrohingyapengungsi rohingya
Iran Siapkan Bantuan untuk Pengungsi Rakhine
Pengungsi dari wilayah Rakhine berupaya menyeberang ke Bangladesh (Foto: AFP).

Metrotvnews.com, Teheran: Organisasi Bulan Sabit Merah Iran mengatakan, sudah mempersiapkan bantuan untuk Muslim Rohingya yang menyelamatkan diri dari Rakhine, Myanmar.
 
"Bantuan darurat, berupa makanan, paket kebutuhan hidup dan kebersihan sudah disiapkan oleh Bulan Sabit Merah untuk dikirim ke Myanmar," ujar Kepala Bulan Sabit Merah Iran, Morteza Salimi, kepada ISNA, seperti dikutip AFP, Jumat 8 September 2017.
 
"Paket bantuan ini akan segera dikirim wilayah Rakhine, jika kami menerima izin dari Myanmar," imbuhnya, seraya menambahkan bahwa hal ini diperintahkan oleh Presiden Hassan Rouhani.
 
Salimi menambahkan bahwa bantuan itu berisi sekitar 40 ton dan berjumlah hingga USD100 ribu. 
 
Iran turut mengecam tindakan yang dilakukan oleh militer Myanmar di wilayah Rakhine. Kekerasan itu terjadi pada 25 Agustus lalu, yang dipicu serangan militan Rohingya terhadap pos perbatasan yang dijaga polisi.
 
Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyebutkan bahwa sekitar 164 ribu pengungsi Rakhine sudah menyeberang ke Bangladesh. 
 
"Dunia internasional tidak punya alasan lagi mengizinkan genosida terhadap Muslim Rohingya terus berlanjut di depan mata kita. Kita harus bertindak sebelum terlambat," ujar Menlu Iran Mohammad Javaf Zarif.
 
Ketika Menlu Retno Marsudi hendak berangkat menuju Myanmar-untuk melakukan pertemuan dengan pemimpin de facto Myanmar, Aung San Suu Kyi dan petinggi militer negara itu,- Menlu Zarif sempat melakukan komunikasi. Kepada Menlu Retno, Zarif menyatakan siap memberikan bantuan jika dibutuhkan.
 
 
Sementara Duta Besar untuk PBB Gholam Ali Khoshrou mengatakan, pihaknya tengah mengupayakan pertemuan antara diplomat dan menteri-menteri dari beberapa negara Islam untuk membahas isu ini. 
 
Khoshrou berharap bahwa pertemuan ini bisa berlangsung pada saat Sidang Majelis Umum PBB di New York, pekan depan.



(FJR)

Etnis Rohingya Masih Diperlakukan tak Adil

Etnis Rohingya Masih Diperlakukan tak Adil

8 hours Ago

Jika Pemerintah Myanmar ternyata tidak konkret dalam menjalankan usulan Pemerintah Indonesia, pihaknya…

BERITA LAINNYA