Kebakaran di Tempat Daur Ulang Melbourne Timbulkan Asap Berbahaya

Willy Haryono    •    Jumat, 14 Jul 2017 22:59 WIB
kebakaran
Kebakaran di Tempat Daur Ulang Melbourne Timbulkan Asap Berbahaya
Kebakaran melanda tempat daur ulang di Melbourne, Australia, 13 Juli 2017. (Foto: MFB)

Metrotvnews.com, Melbourne: Otoritas Australia meminta warga di lebih dari 100 rumah untuk mengungsi terkait kebakaran besar yang menimbulkan asap berbahaya di seantero kota Melbourne.

Empat orang dibawa ke rumah sakit dan delapan lainnya dirawat karena mengalami gejala asma sejak kebakaran melanda tempat daur ulang di Melbourne pada Kamis kemarin.

Pihak berwenang menjelaskan api telah menjalar di area seukuran lapangan olah raga, dan kemungkinan akan terus menyala setidaknya hingga dua hari ke depan.

Kebakaran ini telah menimbulkan asap dan abu yang tertiup angin hiingga sejauh 15 kilometer.

"Api tersebut terus menyala karena adanya ribuan ton plastik, kardus, dan kertas. Sangat sulit untuk mendapatkan akses ke lokasi kebakaran," kata Brendan Angwin, Komandan Pemadam Kebakaran Metropolitan kepada Australian Broadcasting Corp, seperti dikutip BBC pada Jumat 14 Juli 2017.

"Kami benar-benar memerhatikan keamanan petugas pemadam kebakaran," lanjut dia.

Badan Perlindungan Lingkungan setempat menggambarkan kualitas udara di sekitar area kebakaran berada di level sangat buruk.

Setiap orang yang dekat dengan lokasi kebakaran, di Coolaroo, Melbourne utara, diminta untuk berlindung di dalam ruangan tertutup. Pusat bantuan darurat telah disiapkan di lokasi kejadian.

Ini merupakan kebakaran ketiga di fasilitas daur ulang Melbourne sepanjang 2017. (Lidya Suzana)


(WIL)