Arab Saudi Sumbang Rp2 Triliun untuk Yerusalem

Sonya Michaella    •    Senin, 16 Apr 2018 07:30 WIB
palestinaarab saudi
Arab Saudi Sumbang Rp2 Triliun untuk Yerusalem
Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz As-Saud berbincang-bincang dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas -- Foto: AFP

Dhahran: Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud memberikan sumbangan senilai USD150 juta atau setara Rp2 triliun untuk pemeliharan warisan Islam di Yerusalem Timur. Hibah tersebut membuktikan keberpihakan Arab Saudi terhadap Palestina.

"Arab Saudi menghibahkan USD150 juta untuk mendukung dan memelihara properti Islam di Yerusalem," kata Raja Salman dalam pembukaan KTT Liga Arab, seperti dikutip dari AFP, Senin 16 April 2018.

Pengumuman sumbangan ini diumumkan langsung oleh Raja Salman bersamaan dengan sikap penolakannya terkait pemindahan Kedutaan Besar Amerika Serikat dari Tel Aviv ke Yerusalem. Hibah ini juga termasuk dana untuk merawat Masjid Al Aqsa di Yerusalem.

Selain itu, sumbangan senilai USD50 juta atau setara Rp687 juta juga diberikan kepada UNRWA, badan pengungsi PBB khusus pengungsi Palestina.

UNRWA kini menghadapi masalah keuangan serius usai Amerika Serikat mengumumkan pemotong aliran dananya. Hingga pertengahan Maret kemarin, UNRWA mengaku benar-benar kehabisan dana sehingga tak dapat membantu ratusan ribu pengungsi Palestina di perbatasan.

 


(Des)