Netanyahu: Ketakutan PM Lebanon Seharusnya Jadi Kekhawatiran Dunia Terhadap Iran

Eko Nordiansyah    •    Senin, 06 Nov 2017 07:33 WIB
konflik lebanon
Netanyahu: Ketakutan PM Lebanon Seharusnya Jadi Kekhawatiran Dunia Terhadap Iran
Perdana Menteri (PM) Israel, Benjamin Netanyahu. (Foto: AFP/Tolga Akmen).

Metrotvnews.com, Yerusalem: Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu mengatakan pengunduran diri PM Lebanon Saad Hariri seharusnya menjadi panggilan bagi seluruh dunia terhadap ambisi Iran. Saad mundur lantaran Lebanon jadi 'pegangan Iran' sehingga hal itu mengancam dirinya.

"Pengunduran diri PM Lebanon Saad Hariri jadi panggilan bagi masyarakat internasional untuk mengambil tindakan terhadap agresi Iran," kata Netanyahu dilansir dari AFP, Senin 6 November 2017.

Menurut Netanyahu, gerakan Syiah Lebanon didukung penuh oleh Hizbullah Iran yang telah lama memegang tampuk kekuasaan di Lebanon dan berusaha untuk memperkuat perannya di negara tetangga, Suriah. Hizbullah Iran bersekutu dengan Presiden Bashar al-Assad dalam perang saudara yang brutal di negara tersebut.

(Baca juga: Khawatir Dibunuh, PM Lebanon Mengundurkan Diri)

Iran, kata Netanyahu, sedang mencoba untuk mengubah Suriah menjadi Lebanon II. Menurut dia, agresi ini tidak hanya membahayakan Israel, tapi juga seluruh Timur Tengah sehingga ia mendesak masyarakat internasional untuk bersatu dan melawan agresi ini.

Dalam sebuah pidato yang disiarkan oleh jaringan berita Al-Arabiya dari Arab Saudi, Saad menuduh Teheran menciptakan sebuah negara di dalam negara karena bisa mengambil keputusan mengenai urusan internal Lebanon.

"Iran memegang nasib negara-negara di kawasan itu. Hizbullah adalah lengan Iran, tidak hanya di Lebanon, tapi juga di negara-negara Arab lainnya," kata Saad.

(Baca juga: AS Tekan Lebanon untuk Tolak Tampung Petinggi Hamas)

Menteri Pertahanan Israel, Avigdor Lieberman, mengungkapkan bahwa Saad mengonfirmasi pernyataan Israel yang sudah lama. Karena pada kenyataannya, Lebanon sudah diduduki oleh Hizbullah dan orang-orang Iran.


(HUS)